Turn Back Hoax: Jadilah Pengguna Medsos Cerdas dan Kenali Ciri-Ciri Berita Hoax

Sebagai warga negara yang baik tugas kita membantu menciptakan suasana kondusif melalui upaya analisis dan pembuktian kebenaran suatu informasi.

Turn Back Hoax: Jadilah Pengguna Medsos Cerdas dan Kenali Ciri-Ciri Berita Hoax
internet
Ilustrasi informasi HOAX 

Oleh: Cosmas Eko Suharyanto, S.Kom., M.MSI.

Internet dan Tren Media Sosial

Hadirnya teknologi informasi, khususnya internet, telah merobohkan sekat-sekat dalam struktur sosial masyarakat dan melahirkan simpul-simpul yang terjalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik (ide, teman, hobi, politik, dll).

Saat ini, lebih dari 3,4 miliar penduduk dunia aktif menggunakan internet, dan setengahnya berada di Asia. Indonesia menempati urutan ke-empat di kawasan Asia setelah Cina, India dan Jepang.

Survey APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) 2016, dari 132,7 juta pengguna internet di Indonesia, 98 persen diantaranya diakses dari telepon seluler.

Apa yang dilakukan ketika mengakses internet?

97,4 persen mengaku mengakses media sosial. Tidak heran, Indonesia menempati rangking ke-4 pengguna Facebook terbesar di dunia dan urutan ke-5 pengguna twitter.

Jika dulu ada sebuah peribahasa “mulutmu adalah harimaumu”, sekarang sudah bergeser menjadi “statusmu adalah harimaumu”.

Status yang dimaksudkan disini adalah aktivitas posting seseorang dalam media sosial.

Akhir-akhir ini status dalam media sosial menjadi perhatian publik oleh adanya beberapa kasus yang terjadi di negara kita yang dipicu oleh aktivitas media sosial.

Halaman
1234
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved