Disdik Anambas Akui Masih Banyak Anak Putus Sekolah. Padahal Sekolah Sudah Gratis

Padahal, kata Rio, biaya sekolah sudah digratiskan bahkan hingga urusan transportasi mereka ke sekolah, dianggarkan dalam APBD.

Disdik Anambas Akui Masih Banyak Anak Putus Sekolah. Padahal Sekolah Sudah Gratis
Bupati Anambas melepas anak putus sekolah untuk mengikuti pelatihan keterampilan di Pekanbaru. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Hak anak untuk mendapatkan pendidikan dengan layak masih perlu mendapat perhatian di kabupaten Kepulauan Anambas.

Data di Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas menyebutkan, masih terdapat angka anak putus sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA/sederajat.

Riorizal Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas tidak mengelak ketika disinggung mengenai fenomena ini.

Menurutnya, data tersebut berdasarkan hasil laporan bulanan dari sekolah-sekolah yang ada di tujuh kecamatan ke Dinas Pendidikan.

"Laporannya berdasarkan per sekolah-sekolah," ujarnya saat ditemui di ruangannya Kamis (29/12/2016).

Pihaknya pun kurang mengetahui dengan pasti alasan anak-anak itu putus sekolah. Padahal, kata Rio, biaya sekolah sudah digratiskan bahkan hingga urusan transportasi mereka ke sekolah, dianggarkan dalam APBD.

"Tidak dijelaskan mengapa anak itu berhenti atau pindah, atau alasan diberhentikan. Namun yang jelas, untuk sekolah di Anambas sudah digratiskan. Sehingga, untuk masalah ekonomi rasanya bukan menjadi persoalan, termasuk transportasinya. Artinya sudah ditanggung," bebernya.

Dari data yang dihimpun, jumlah anak putus sekolah pada jenjang sekolah dasar/ MI pada tahun 2011/2012 mencapai tiga orang.

Angka ini menurun dengan tidak adanya laporan anak putus sekolah pada tahun 2012/2013.

Peningkatan terjadi pada tahun 2013/2014 menjadi 10 orang serta sembilan orang pada tahun 2014/2015.

Halaman
12
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved