Warna Lebih Meriah. Seperti Ini Penampakan Kartu Identitas Anak yang Sudah Terbit di Bali

Tahapan untuk mencapai KLA ini ada lima tingkatan, dimulai dari yang terendah adalah pratama, madya, nindya, utama, dan kabupaten/kota layak anak

Warna Lebih Meriah. Seperti Ini Penampakan Kartu Identitas Anak yang Sudah Terbit di Bali
kompas.com

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Kota Denpasar telah mendapatkan posisi Nindya dalam penerapan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia.

Tahapan untuk mencapai KLA ini ada lima tingkatan, dimulai dari yang terendah adalah pratama, madya, nindya, utama, dan kabupaten/kota layak anak.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Dra. Leny Nurhayanti Rosalin, M.Sc, menjelaskan bahwa ada tiga kota tertinggi atas hasil evaluasi pada tahun 2015.

Salah satunya adalah Kota Denpasar yang telah berhasil hingga meraih nindya.

Selain itu, Denpasar juga memiliki salah satu program untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kartu Identitas Anak (KIA) ini masih uji coba dan setiap orang yang mengajukan akte kelahiran akan sepaket mendapatkan KIA secara gratis,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, Nyoman Gede Narendra, saat ditemui di Denpasar, Bali, beberapa waktu lalu.

Sekilas penampakan dari Kartu Identitas Anak ini mirip seperti halnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), mulai dari desain dan isinya.

Namun, yang membedakan, KIA berwarna lebih cerah layaknya dunia anak-anak.

KIA bewarna merah dengan kombinasi merah jambu. Sementara itu, sisi lainnya sama seperti KTP berisikan data diri dan foto.

“Tapi untuk anak yang di atas usia lima tahun sudah memakai foto dan di bawahnya belum memakai foto,” urainya.

Narendra juga menambahkan bahwa nantinya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada dalam KIA ini akan sama pada NIK yang ada pada KTP.

Lalu, KIA yang ada di Kota Denpasar ini juga diharapkan Narendra bisa bermanfaat untuk anak-anak, yakni untuk kebutuhan mendapatkan diskon saat anak-anak ingin membeli buku, alat musik, atau kebutuhan lainnya dengan menggunakan KIA.(*) 

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved