Mencuat Tiga Nama Calon Pengawas Perusda Anambas, Apa Kata Bupati Soal Komposisinya?

Tiga nama menguat menjadi calon badan pengawas Perusda Anambas. Soal ada titipan Timses, Bupati Anambas memberikan penjelasan ini

Mencuat Tiga Nama Calon Pengawas Perusda Anambas, Apa Kata Bupati Soal Komposisinya?
tribunbatam/septyan mulia rohman
Bupati Anambas Abdul Haris 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-‎Usulan tiga nama untuk mengisi posisi badan pengawas Perusahaan Daerah (Perusda) Anambas Sejahtera dibenarkan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Ditemui di ruangannya, dirinya mengatakan usulan tiga nama tersebut sudah disampaikan kepada DPRD dengan komposisi dua merupakan orang luar pemerintahan serta satu orang dalam pemerintahan.

Ia pun menambahkan, dalam usulan tiga nama tersebut, tidak ada tes yang dilakukan. Menurutnya dirinya sebagai Kepala Derah memiliki hak untuk mengusulkan sejumlah nama yang dianggap layak serta kredibel untuk mengisi posisi tersebut.

"Tidak ada tes. Dalam hal ini, kami diamanahkan untuk boleh menunjuk siapa saja. Kami menganggap, sejumlah nama tersebut memungkinkan serta layak salahsatunya dari sisi pendidikan," ujarnya Kamis (5/1/2017).

Haris pun memiliki alasan lain dalam memilih dua orang luar pemerintahan dalam komposisi usulan badan pengawas Perusda Anambas Sejahtera tersebut. Menurutnya, dengan komposisi tersebut akan tercipta independensi dan berimbang di dalam internal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu.

"Kenapa ada orang dalam (pemerintahan,red), karena Perusda merupakan perpanjangan daerah. Kalau dilepaskan keluar semua, memang lebih baik. Hanya saja, terdapat hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan. Keinginan saya untuk Perusda ini agar lebih independen dan berimbang," ungkapnya.

Haris pun menegaskan, usulan nama yang diajukan tersebut merupakan bentuk terimakasih saat proses pemilihan kepala daerah kemarin. Seperti diketahui, dari ketiga usulan nama tersebut satu diantaranya (Ricci) diketahui mengiringi dirinya saat melakukan kampanye bahkan menjadi tim sukses ketika berpasangan dengan Wan Zuhendra.

"Tidak ke sana juga. Beliau saya kira memenuhi kualifikasi. Dalam pendidikan pun memenuhi, bahkan Beliau saat ini menjadi dosen. Johari pun juga begitu. Beliau memiliki latar belakang yang jelas dengan kesibukannya saat ini menjadi notaris," ungkapnya.

Abdul Haris pun berharap, Perusda kedepan dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk daerah. Meskipun Haris mengakui Perusda belum dianggarkan termasuk pada tahun 2017 ini, menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan Perusda yang dapat memberikan kontribusi bagi daerah. (*)

Baca Berita Terkait di Harian Tribun Batam Edisi Jumat (6/1/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help