Tingkatkan Kehandalan Suplai, ATB Lakukan Pre-commissioning 3

Precom lanjutan ini, sengaja dilakukan guna meningkatkan hasil kualitas suplai

Tingkatkan Kehandalan Suplai, ATB Lakukan Pre-commissioning 3
IST
Sejumlah petugas tengah melakukan Pre-commissioning di jalur pipa beberapa waktu lalu

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Guna meningkatkan kehandalan dalam suplai air ke pelanggan, PT Adhya Tirta Batam (ATB) akan melakukan pekerjaan Pre-Commissioning (Precom) III. Kegiatan ini akan dilakukan pada Senin (9/1/2017) mulai pukul 21.00 hingga selesai.

Precom  lanjutan ini, sengaja dilakukan guna meningkatkan hasil kualitas suplai khususnya di wilayah terujung dari sumber air Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang.

"Dengan adanya kegiatan precom ini, kita ingin melihat  sejauh mana kefektifan perubahan rezim suplai yang dilakukan. Apabila tidak ada kendala dan precomnya, maka akan langsung dijalankan commissioning saat itu juga.

Hal ini juga bertujuan meningkatkan efisiensi suplai dengan memanfaatkan reservoir/tanki yang ada terutama di wilayah terjauh dari suplai air Duriangkang seperti tanki Ozon, tanki Bukit Senyum dan tanki Sukajadi.

Dengan menggunakan konsep gravitasi sehingga apabila terjadi gangguan dalam sekian jam masa pemulihannya bisa cepat teratasi karena masih punya cadangan air di dalam tanki," jelas Wahyu Widiyanto Manager Distribusi ATB Kamis (5/1/2017).
 
Dilakukannya pekerjaan precomm ini, nantinya akan memberikan efek berhentinya operasional IPA Duriangkang beberapa saat, baik fase 1,2 maupun phase 3 dan 4.

Disebabkan adanya pekerjaan pengoperasian jalur baru berupa pekerjaan valve di pipa transmisi dan distribusi utama di empat titik yakni Simpang jam, Simpang kuda, Sukajadi dan Duriangkang.

"Selama ini Duriangkang phase 1 dan 2 menyuplai tanki Sukajadi dan sebagian Batam centre. Dengan dilakukannya commissioning maka terdapat perubahan rezim baru dari Duriangkang phase 1 dan 2 akan langsung mengisi tanki ozon untuk menyuplai air wilayah Sei panas dan Bengkong dan sekitarnya dan Bukit Senyum.

Untuk suplai diwilayah Batu Ampar dan sekitarnya. Sementara dari phase 3 dan 4 IPA Duriangkang yang akan mensuplai Sukajadi dan sebagian Batu Aji,"Tambah Wahyu. 
 
Dalam precom ini, semua jalur yang dilayani IPA Duriangkang akan mengalami gangguan suplai. 

Wilayah yang akan mengalami gangguan suplai sementara mulai dari area Piayu, sebagian Batuaji,Sagulung, Tanjung Uncang, Marina, Seraya, Kampung Utama,Sei Panas, Bengkong, Batuampar, Sengkuang, Jodoh, Nagoya, dan  Batam Center.
 
Selama berlangsung pekerjaan precomm, ATB juga mengimbau pelanggan untuk bisa mempersiapkan tampungan air seperlunya. 

Mengingat pasca-pekerjaan yang dilakukan tersebut, untuk pemulihan tergantung dari masing-masing wilayah. 

Wilayah terdekat dengan IPA Duriangkang akan lebih cepat normal dan begitu sebaliknya dengan wilayah paling ujung akan membutuhkan waktu lebih lama.

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi tentang pekerjaan precomm dan informasi tentang suplai air bisa menghubungi call centre ATB di no 0778 467111, atau bisa berinteraksi di sosial media ATB baik melalui facebook, twitter ataupun instagram.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved