Hore! Mudik Lebaran Tahun Ini Jakarta ke Semarang Lewat Jalan Tol. Ini Panjang Jalan Tolnya!

Asyik, mudik Lebaran tahun ini dari Jakarta ke Semarang bisa lewat tol terus. Ini panjang jalan tol yang dikebut Presiden Jokowi!

Hore! Mudik Lebaran Tahun Ini Jakarta ke Semarang Lewat Jalan Tol. Ini Panjang Jalan Tolnya!
Muh Radlis
Kunjungi Jokowi di Tol Semarang-Batang 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATANG-Para pemudik 2017 mendatang akan bisa menempuh perjalanan 450 kilometer lebih dari Jakarta hingga Kota Semarang, melalui jalan tol.

Kendati faktanya belum rampung 100 persen, proyek jalan tol Semarang-Batang akan difungsikan untuk arus mudik Lebaran 2017. Para pemudik pun bisa memacu kendaraannya dari Tol Dalam Kota Jakarta hingga ke Ngaliyan, Kota Semarang.

Kabar kemungkinan pengoperasian tol Semarang-Batang pada arus mudik Lebaran 2017 itu terungkap dalam kunjungan Presiden

Joko Widodo, saat meninjau ruas tol Batang, Senin (9/1). Presiden Jokowi berharap, jalan tol Semarang-Batang bisa digunakan pada arus mudik Lebaran 2017 mendatang.

"Kami harapkan ini (tol Semarang-Batang--Red) bisa dipakai saat Lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di pantura. Sampai Semarang bisa dipakai. Belum sempurna selesai, tapi bisa dipakai," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan tol Batang-Semarang tersendat sejak rencana awal pada 2006 karena sejumlah masalah, salah satunya pembebasan lahan. Mengutip penjelasan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, Jokowi menyebutkan, seluruh pembebasan lahan seksi I di daerah Batang saat ini sudah selesai dan bisa mulai konstruksi.

Sementara untuk lahan yang akan terpakai menjadi jalan tol di daerah Kendal dan Kota Semarang, ditargetkan pembebasannya selesai pada Februari 2017.

Jokowi berharap, pembebasan lahan semua rampung dilakukan sehingga pembangunan jalan tol akan cepat dengan menggunakan tiga shift pengerjaan. Dia menyampaikan, pemerintah menggunakan dana talangan untuk mempercepat pembayaran pembebasan lahan.

Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 74,20 kilometer itu dibagi menjadi lima seksi pengerjaan. Kelima seksi itu, yaitu seksi 1 menghubungkan Batang hingga Kandeman, seksi 2 menyambungkan Kandeman hingga Weleri. Seksi 3 akan menghubungkan Weleri-Kendal, seksi 4 Kendal hingga Kaliwungu, lalu seksi 5 yaitu Kaliwungu hingga Semarang.

Kontrak pengerjaan tol tersebut dimulai pada 25 Juli 2016 dengan nilai kontrak Rp 6,422 triliun.

Halaman
123
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved