Sebaiknya Anda Tahu

Siapa Sangka, Selfie Pose Tangan ‘Peace’ Ternyata Membahayakan Anda. Ini Alasannya!

Siapa sangka! Selfie dengan gaya tangan "peace" justru membahayakan keamanan Anda. Inilah alasannya

Siapa Sangka, Selfie Pose Tangan ‘Peace’ Ternyata Membahayakan Anda. Ini Alasannya!
intisarionline
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Kita semua mungkin merasa sudah lumrah untuk berpose dengan gaya ‘peace’ ketika difoto sayangnya, hal ini ternyata bisa jadi sangat tidak aman untuk privasi kita.

Seperti yang mungkin sudah pernah Anda baca, sidik jari kita bisa dibaca melalui foto. Pencurian sidik jadi ini ternyata paling gampang dilakukan pada foto-foto selfie yang tangannya membentuk ‘peace’ karena jari terpampang jelas di depan kamera.

Belum lama ini, sejumlah peneliti di jepang menemukan fakt bahwa sidik jari kita sangat mudah untuk diduplikasi dari foto yang maksimal berjarak tiga meter dari kamera. Jika diambil dari dekat untuk selfie, tentu sidik jadi akan jauh lebih mudah lagi diambil oleh para peretas.

Professor Isao Echizen, peneliti keamanan dan media digital di National Institute of Informatics, Jepang, berkata bahwa hanya berfoto dengan pose ‘peace’ telah membuat sidik jari kita sangat terpapar. Pasalnya, kualitas ponsel kita saat ini sudah sangat baik.

Jika foto-foto selfie ini diunggah ke media sosial, maka peretas di manapun juga bisa mengambil sidik jari dengan begitu mudah. Hal ini sangat berbahaya karena sekali foto sudah tersebat di internet, semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika Anda memiliki sistem keamanan yang dilengkapi oleh sensor sidik jari, tingkatkanlah kewaspadaan.

Fenomena ini menjadi lebih berbahaya karena sekarang sistem keamanan sidik jari sudah digunakan secara sangat luas. Hampir semua sistem pengaman di dunia menggunakan sidik jari mulai dari bank, ponsel, laptop, pintu, mobil, dan berbagai hal lainnya. Makin banyak sistem keamanan yang memakai sidik jari, maka makin rentan pula privasi kita jika membagikan terlalu banyak foto di media sosial.

Mulai sekarang kita harus berhati-hati ketika berniat mengunggah foto selfie. Ada baiknya juga untuk segera berhenti membuat pose ‘peace’ karena foto-foto itu bisa saja diunggah oleh teman tanpa sepengetahuan Anda. Belum lagi, teknologi di masa depan sudah memungkinkan kita untuk memakai ATM, sistem pengamanan bandara, dan berbagai aktivitas lain dengan sidik jari.

Walau begitu, peretas butuh foto yang jelas untuk bisa mendapatkan sidik jari Anda dan membuat cetakan dari sidik jari tersebut. Professor Echizen sendiri berkata bahwa dia dan timnya sedang berusaha mencari cara untuk melindungi jari dengan membuat semacam film bening berbahan titanium oksida. Lapisan itu akan membuat peretas bingung. Sayangnya, teknoogi ini tak akan siap hingga dua tahun ke depan.

Perusahaan keamanan asal Tiongkok, Goodix, baru-baru ini juga sudah bekerja untuk melawan para peretas. Mereka menciptakan sistem biometric yang memakai sinar infra merah dan sensor sidik jari yang melibatkan analisis jaringan dan detak jantung.

Karena lebih baik mencegah ketimbang mengobati, lebih baik kita berhenti foto dengan pose ‘peace’ saja. (Intisarionline/iflscience.com)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help