Begini Awal Terbongkarnya Pembuatan SKCK Palsu di Batam

Polresta Barelang mengekspose tiga pelaku pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) palsu yang ditangkap beberapa waktu lalu.

Begini Awal Terbongkarnya Pembuatan SKCK Palsu di Batam
Tribun Batam/Ekso Setiawan
Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Herman Kelly mengekspose penangkapan 3 pelaku pembuat SKCK palsu beserta barang bukti di Polresta Barelang, Senin (16/1/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Polresta Barelang mengekspose tiga pelaku pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) palsu yang ditangkap beberapa waktu lalu.

Ketiga orang itu adalah Dedi Surya Purnama, Suherman Sianturi yang diamankan dikawasan Vila Mukakuning Blok D No.1, serta Dedi Monalianto Saputra di kawasan Pancur, Tanjungpiayu.

Ketiganya ditangkap dalam waktu berbeda, Kamis (5/1/2017) serta Kamis (12/1/2017)

Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Herman Kelly saat ekspose di Polresta Barelang, Senin (16/1/2017) mengatakan, awal kasus ini terungkap, ketika seorang pemohon hendak memperpanjang SKCK.

Namun SKCK yang diserahkan untuk perpanjangan tersebut merupakan palsu.

Baca: Bisnis SKCK Palsu Menggiurkan. Orang-orang Ini yang Jadi Sasaran Mereka

Polisi mengetahui kepalsuan surat tersebut dari tinta lambang polisi yang seharusnya menggunakan tinta emas dan terkesan timbul.

"Di SKCK palsu ini, tulisanya tidak timbul. Sekilas memang tidak jelas. Kalau diperhatikan, baru ketahuan kalau itu kertas palsu," sebutnya.

Penyebab lainnya, jumlah pemohon pembuatan SKCK di Polresta dan di seluruh Polsek di Batam juga sepi.

Kepolisian pun langsung melakukan penyelidikan.

Setelah diselidiki, polisi mendapatkan dua tempat pembuatan SKCK.

"Kemudian kita tangkap mereka. Selain itu kita juga mengamankan empat unit mesin prin, kartu SKCK, kartu kesehatan, ijazah palsu dan foto kopi KTP milik pemohon," sambungnya.

Akibat perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal 263 jo 264 KUHP terkait pemalsuan dokumen negara dengan ancaman hukuman 6 tahun tahun penjara.

Penulis: Eko Setiawan

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved