Fasilitas Kesehatan di Tanjungpinang Membaik. Tapi untuk Penyakit Ini Harus Dirujuk ke Batam

"Penyakit jantung, kemoterapi dan bedah saraf belum bisa ditangani. Makanya biasanya ini kita rujuk ke luar daerah," kata Rustam

Fasilitas Kesehatan di Tanjungpinang Membaik. Tapi untuk Penyakit Ini Harus Dirujuk ke Batam
tribun/mikhwan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam di RSUP Kepri, Selasa (15/12/2015) lalu 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan pelayanan kesehatan di Kota Tanjungpinang terus meningkat dari tahun ketahun.

Peningkatan tersebut tentu diiringi dengan peningkatan Sumberdaya Manusia dan fasilitas pendukung atau alat kesehatan.

Meski begitu, seiriang kemajuan zaman, fasilitas yang ada saat ini masih perlu ditingkatkan.

Karena untuk beberapa kasus penyakit, tidak bisa ditangani di rumah sakit yang ada di Kota Tanjungpinang, sehingga harus dirujuk ke daerah lain seperti Batam.

"Penyakit jantung, kemoterapi dan bedah saraf belum bisa ditangani. Makanya biasanya ini kita rujuk ke luar daerah," kata Rustam, Senin (16/1/2017).

Menurut Dia, kini rujukan penyakit tersebut tidak seperti dulu lagi.

Dulu para pasien dirujuk langsung ke Jakarta, kini sudah bisa dirujuk ke beberapa rumah sakit yang ada di Kota Batam, seperti RS Embung Fatimah, RS Awal Bros dan RS Badan Pengusahaan (RSBP).

"Jadi kalau di Jakarta kan susah, jauh. Sekarang sudah sedikit mudah, karena bisa di rujuk ke rumah sakit di Batam," katanya.

Dia berharap, kedepan tidak perlu lagi ada pasien yang dirujuk keluar Tanjungpinang untuk penanganan penyakit tersebut. Hal itu bisa dilakukan dengan peningkatan fasilitas dan SDM di bidang kesehatan.

Terlebih Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepri, yang juga sudah berdiri Rumah Sakit Umum milik Provinsi Kepri.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Rabu, 18 Januari 2017

Penulis: M Ikhwan
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help