Katanya Ditanggung, Kok Bayar? Anggaran Terbatas, Pemkab Anambas Baru Tanggung BPJS 10 Ribu Warga

Terbentur anggaran terbatas, Pemkab Anambas baru sanggup tanggung BPJS 10 ribu warganya. Kenapa begitu?

Katanya Ditanggung, Kok Bayar? Anggaran Terbatas, Pemkab Anambas Baru Tanggung BPJS 10 Ribu Warga
Istimewa
Logo BPJS Kesehatan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Layanan kesehatan untuk masyarakat kembali jadi sorotan. Warga Desa Air Bini Kecamatan Siantan Selatan terpaksa harus merogoh kocek ketika berobat pada salahsatu rumah sakit di Anambas. Warga pun terkejut karena hanya mengetahui layanan kesehatan telah ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

"Belum lama ini ada warga yang berobat dengan pelayanan kelas tiga. Dia justru terkejut ketika pengobatannya dibayar menggunakan uang pribadi. Katanya ditanggung, kok malah membayar," ujar Is Ahmad, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Air Bini Kecamatan Siantan Selatan Rabu (18/1/2017).

Pria yang akrab disapa Bang Is ini pun, telah mengetahui informasi bila Pemerintah Daerah hanya dapat menanggung sepuluh ribu masyarakat Anambas yang tidak mampu. Hanya saja, dirinya meminta ada solusi dari Pemerintah Daerah agar persoalan serupa tidak kembali terulang, terlebih terkena kepada masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Hal ini pun, diakuinya telah ia sampaikan kepada Bupati Anambas Abdul Haris saat berkunjung ke Desa Air Bini Kecamatan Siantan Selatan Selasa (17/1) kemarin.

"Kasihan kalau sampai mkejadian serupa kembali terulang pada masyarakat Anambas yang kurang mampu. Paling tidak ada kejelasan mengenai di luar sepuluh ribu masyarakat yang tidak ditanggung ini. Mereka kan merupakan masyarakat Anambas juga," ungkapnya.

Nababan, staf dinas kesehatan Anambas mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mendapat layanan kesehatan dengan BPJS bisa melengkapi persyaratan dengan melamporkan surat keterangan tidak mampu dari desa. Untuk pengurusan tersebut, masyarakat dikenakan biaya premi pada tiga bulan pertama sesuai dengan pelayanan kelas yang dipilih. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved