Kasat Ilham Heran. Bikin SKCK Gampang dan Murah, Kenapa Beli SKCK Palsu yang Mahal?

Kasat Intelkam Polresta Barelang Kompol Ilham Halid mengatakan, untuk pengurusan SKCK tidaklah rumit seperti yang dibayangkan masyarakat.

Kasat Ilham Heran. Bikin SKCK Gampang dan Murah, Kenapa Beli SKCK Palsu yang Mahal?
Tribun Batam/Ekso Setiawan
Wakasat Reskrim Polresta Barelang AKP Herman Kelly mengekspose penangkapan 3 pelaku pembuat SKCK palsu beserta barang bukti di Polresta Barelang, Senin (16/1/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Setelah tertangkapnya pelaku pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) palsu, polisi berharap tidak ada lagi kasus pemalsuan dokumen negara tersebut di Batam.

Kasat Intelkam Polresta Barelang Kompol Ilham Halid juga heran, untuk pengurusan SKCK tidaklah rumit seperti yang dibayangkan masyarakat.

Biayanya juga sangat murah, yaitu sebanyak Rp 30 ribu per pembuatan.

"Masyarakat harus cerdas, karena pembuatanya tidak rumit dan sangat murah. Jangan ingin cepat dan akhirnya mengabaikan keaslian surat. Lebih memilih menggunakan palsu untuk mencari kerja," sebut Ilham, Kamis (19/1/2017) siang.

Bahkan, saat ini pembuatan SKCK juga bisa melalui sistem online.

Masyarakat bisa membawa nomor saat pendaftaran dan tidak perlu mengantre lagi di kantor polisi.

"Kan kita sudah bisa gunakan online. Makanya kita harapkan masyarakat bisa cerdas dan ikut prosedur untuk pembuatanya," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga pelaku pembuatan SKCK Palsu diamankan pihak kepolisian setelah polisi melakukan penyelidikan.

Dari hasil keterangan pelaku, bukan hanya SKCK saja yang bisa mereka palsukan.

Mereka juga bisa memalsukan surat-surat lainya seperti Ijazah, Akte Kelahiran dan Catatan Kesehartan dari rumah sakit.

Kasus ini sudah ditangani pihak kepolisianan, dalam waktu dekat berkas untuk tahap satu akan segera diserahkan kepada pihak kejaksaan.

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help