Terkait Tenaga Kerja Asing Ilegal. Gubernur Minta Pengawasan Lebih Ketat di Pintu Masuk Kepri

"Saya pikir pelangggaran pelanggaran semacam ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Yang begini juga terjadi di negara lain," kata Nurdin

Terkait Tenaga Kerja Asing Ilegal. Gubernur Minta Pengawasan Lebih Ketat di Pintu Masuk Kepri
tribunbatam/aminnudin
Para TKA bermasalah menunggu pemeriksaan di Imigrasi Tanjunguban 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyatakan, perlu perhatian banyak pihak dalam melakukan pengawasan terhadap pelanggaran tenaga kerja asing di Indonesia.

Gubernur mengatakan hal itu terkait soal terungkapnya keberadaan 41 tenaga kerja asing (TKA) ilegal yang terjaring operasi pengawasan orang asing Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban di Club Med Lagoi, salah satu resort di Bintan, Selasa (17/1/2017) malam.

"Harus ada peningkatan pengamanan. Memang saya pikir pelangggaran pelanggaran semacam ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Yang begini begini juga terjadi di negara lain,"kata Nurdin saat berada di Lagoi Bay, Rabu (18/1/2017) malam.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun

Nurdin berharap pengungkapan TKA bermasalah di Bintan tidak dipandang sebagai kekhilafan semata, namun harus dimaknai sebagai semangat meningkatkan keamanan sejak dari pintu masuk.

Biasalah kata Nurdin, yang namanya kawasan pariwisata di mana pun pasti banyak didatangi.

"Bukan hanya kawasan pariwisata, daerah pusat ekonomi pasti akan menemukan problem yang sama. Karena pusat ekonomi atau pariwisata akan menjadi tujuan banyak orang. Dengan keadaan demikian, pelanggaran pasti sesuatu yang tak terlekan," katanya.

Meski model pelanggaran keimigrasian dan ketenagakerjaan oleh WNA di Club Med juga sering ditemukan di negara lain, Nurdin meminta intansi berwenang dalam bidang pengawasan untuk memperketat pengecekan di pintu pintu masuk.

"Peran masyarakat juga sangat dibutuhkan terutama dalam memberikan informasi tentang pelanggaran orang asing yang ditemukan," katanya. (*) 

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Jumat, 20 Januari 2017

Penulis: Aminnudin
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help