Sebaiknya Anda Tahu

Gaji Sudah Cair? Begini Cara Menghitung Gaji GTT dan Pegawai Tidak Tetap

Begini cara menghitung gaji GTT dan pegawai tidak tetap di Jawa Tengah. Selain jam mengajar, gaji juga mengacu pendidikan

Gaji Sudah Cair? Begini Cara Menghitung Gaji GTT dan Pegawai Tidak Tetap
tribunjateng
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG-Keresahan sejumlah guru tidak tetap SMA sederajat di Jawa Tengah dijawab oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Gatot Bambang Hastowo.

Gatot katakan, saat ini pihaknya masih menyelesaikan pendataan GTT dan PTT SMA/SMK seJateng. Ia berjanji melakukan pendataan secepatnya.

Data sementara, jumlah GTT SMA/SMK dan tenaga kependidikan non-PNS atau PTT di provinsi Jateng mencapai 15.318 ribu orang. Terdiri atas 7.768 GTT dan 7.550 PTT. Jumlah tersebut masih bisa berkembang atau berkurang.

"Gaji mereka disesuaikan dengan nominal standar Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) masing-masing," ucapnya.

GTT yang mempunyai jam mengajar 24 jam atau lebih mendapat gaji sekali UMK ditambah 10 persen. Sedangkan GTT yang jam mengajarnya kurang dari 24 jam tidak sesuai UMK.

Perhitungannya, UMK dibagi 24 jam, kemudian dikalikan per jam mengajar. Sedangkan untuk PTT, jumlah gaji menyesuaikan tingkat pendidikan.

PTT lulusan S1 hingga S3 mendapat gaji sesuai UMK ditambah 7,5 persen. Kemudian, PTT lulusan SMA gaji sesuai UMK + 5 persen. PTT Lulusan SMP sesuai UMK.

Kepala Ketenagaan Pendidikan dan Kebudayaan, Sungkana menambahkan, minggu depan pihaknya melakukan validasi data. Sedangkan, untuk kepastian jumlah gaji yang diterima honorer, ia menunggu kepastian dari DPRD Provinsi Jateng.

Selain itu, pihaknya turut mendata tenaga honorer yang masuk setelah 2015. Sebenarnya, sesuai aturan, pemerintah tidak diperbolehkan lagi mengangkat tenaga honorer per 2015.

Tapi kenyataan di lapangan beda, banyak sekolah yang kekurangan guru.

"Bahkan ada satu sekolah di Kabupaten Batang yang guru PNS-nya hanya empat, sisanya honorer semua. Bayarannya hanya Rp 200 ribu perbulan," ucapnya.

Ia minta para honorer bersabar karena pihaknya masih dalam proses transisi. Ia menargetkan, validasi dan urusan terkait GTT PTT selesai maksimal minggu pertama Februari. (bakti buwono)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help