Keindahan Alam Anambas Memang Eksotis dan Pariwisatanya Harus Kedepankan Kearifan Lokal

Camat Siantan Tengah Herry Fakhrizal memiliki pandangan dalam pengembangan pariwisata di Anambas yang mengedepankan aspek kearifan lokal.

Keindahan Alam Anambas Memang Eksotis dan Pariwisatanya Harus Kedepankan Kearifan Lokal
tribunbatam/septyan mulia rohman
Suasana pengibaran bendera merah putih di dalam laut di Anambas, Rabu (17/8/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Camat Siantan Tengah Herry Fakhrizal memiliki pandangan dalam pengembangan pariwisata di Anambas yang mengedepankan aspek kearifan lokal.

Potensi pariwisata yang ada di Anambas, mulai dari laut hingga eksotisnya pulau-pulau kecil, menurutnya menjadi salah satu hal penting penunjang perekonomian.

"Pengembangan pariwisata dari awal kalau bisa berbasis kearifan lokal. Dari sisi potensi pariwisata sudah tidak diragukan lagi. Namun, bagaimana dengan penduduknya. Apa dapat menerima yang menjadi kebiasaan para wisatawan. Sudah siapkah kita mempersiapkan fasilitas penunjang, keramahtamahan warga, keamanan, demi kemajuan pariwisata kita ? Hal ini yang menurut saya menjadi fokus perhatian dalam pengembangan pariwisata Anambas kedepan," ujarnya Jumat (20/1/2017).

Tidak hanya itu, infrastruktur pendukung pariwisata menurutnya menjadi poin mutlak yang harus direalisasikan dalam komitmen memajukan sektor pariwisata.

Alternatif dengan menggandeng pihak swasta maupun elemen lain dalam infrastruktur pariwisata.

Alternatif itu, menurutnya, menjadi pilihan di tengah keterbatasan anggaran yang kerap menjadi alasan klasik untuk pengembangan.

"Apakah dengan bekerjasama, yang jelas hal ini rasanya juga menjadi poin penting. Perlu kesadaran masyarakat kita tingkatkan dalam rangka mengangkat atau sadar akan potensi wisata daerahnya untuk melakukan promosi wisata," ungkapnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kabag Humas & Protokol Setdakab Anambas ini mengatakan, eksotis alam di Anambas seperti Pulau Bawah, Penjalin, Padang Melang dapat menjadi pilihan.

Peningkatan pada sektor pariwisata ini pula yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah ketergantungan dana transfer Pemerintah Pusat.

"Obyek wisata bahari yang ada di Anambas saat ini sepertinya menjadi primadona kalau kita kelola dengan arif dan bijaksana, karena bentuknya yang sangat indah dan mengesankan. Oleh karena itu perlu penataan yang baik agar jangan salah kelola, nantinya kita menyesal. Saya optimis, dengan pengembangan pariwisata berbasis kaerifan lokal, akan ada alternatif baru di daerah ini, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara," bebernya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help