TribunBatam/

Karut Marut Lahan di Batam

Tarif Dipangkas, Lahan Kecil dan Besar Sama, Namun BP Batam Hapus Ini Bagi Investor

Perka tersebut merupakan perubahan atas Perka BP Batam Nomor 19/2016 tentang Jenis Tarif Layanan pada Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam.

Tarif Dipangkas, Lahan Kecil dan Besar Sama, Namun BP Batam Hapus Ini Bagi Investor
tribunnews batam/istimewa
Spanduk-spanduk penolakan UWTO yang beberapa hari terakhir ramai dipasang di depan toko-tooko yang ada di Nagoya, beberapa waktu lalu. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Peraturan Kepala BP Batam Nomor 1 tahun 2017 sudah ditandatangani Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro, Senin (23/1/2017) malam.

Perka tersebut merupakan perubahan atas Perka BP Batam Nomor 19/2016 tentang Jenis Tarif Layanan pada Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam.

Terbitnya Perka itu menindaklanjuti Surat Menteri Koordinator Perekonomian/ Ketua Dewan Kawasan tertanggal 19 Desember lalu, tentang Kebijakan Umum Atas Tarif Uang Wajib Tahunan (UWT), Tarif Jasa Kepelabuhanan, dan Mekanisme Pencabutan Lahan BP Batam yang diterima BP Batam tertanggal 28 Desember 2016.

Ada beberapa poin penting dalam perubahan dalam Perka Nomor 1/2017 tersebut dari yang lama.

Pertama, soal peruntukan tarif layanan lahan dan jumlah lokasi lahan yang lebih disederhanakan.

Peruntukan lahan yang semula 41 peruntukan, diserhanakan 14 peruntukan.

Yakni, untuk rumah susun sederhana, perumahan kavling siap bangun, perumahan tapak, apartemen, industri, komersial, pariwisata, lapangan golf, fasilitas olahraga, bangunan dan kantor pemerintah, fasilitas sosial pemerintah, fasilitas sosial swasta dan BUMN, pertanian, dan perikanan.

Begitupun dengan jumlah lokasi lahan. Semula dibagi berdasarkan 44 kelurahan, kini kembali ke peraturan sebelum terbitnya Perka 19/2016.

Ada empat wilayah pengembangan di Pulau Batam, yakni Batam Center, Batu Ampar, Sekupang, dan Pantai Timur, dengan 11 sub wilayah pengembangan.

Yakni di Batam Center dibagi menjadi core dan kelurahan, Batu Ampar menjadi Nagoya, Sei Panas, dan Muka Kuning, Sekupang terbagi Sekupang dan Tanjung Uncang/ Sagulung, Pantai Timur terbagi menjadi Nongsa, Kabil, dan Tanjung Piayu. Selain itu ada sub wilayah untuk pulau di sekitar Batam.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help