Sebaiknya Anda Tahu

Terungkap! Inilah 5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Harus Anda Coba!

Anda sering mengalami tekan darah tinggi? Agar berkurang, cobalah nasihat-nasihat sederhana berikut ini

Terungkap! Inilah 5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Harus Anda Coba!
thinkstock
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dijumpai. Umumnya hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Orang yang sudah terkena hipertensi harus mengontrol tekanan darahnya. Sebab, hipertensi yang tidak terkontrol bisa memudahkan timbulnya komplikasi penyakit seperti stroke hingga jantung.

Seperti dikutip dari Time.com, berikut ini beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Olahraga
Olahraga teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menurut Mayo Clinic, berolahraga sekitar 30 menit per hari dalam seminggu terbukti dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4-9 mmHg.

2. Tarik napas dalam-dalam
Latihan pernapasan, seperti memperlambat napas dan menarik napas dalam-dalam bisa membuat Anda lebih rileks ketika sedang stres atau banyak pikiran.

Cara ini pun membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, latihan pernapasan baik untuk memperlancar aliran darah.

3. Rileksasi
Kondisi stres bisa berdampak buruk bagi tekanan darah dan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, saat marah atau stres dapat melepaskan hormon-hormon yang membuat jantung berdetak lebih cepat, mempersempit pembuluh darah, dan menigkatkan tekanan darah.

Nah, saat stres melanda, cobalah untuk rileksasi, seperti melakukan yoga atau meditasi agar lebih santai.

4. Kurangi kopi dan alkohol
Konsumsi minuman keras yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu masalah kesehatan lainnya.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved