Sebaiknya Anda Tahu

Anda Ujian SIM? Perwira Satlantas Ini Beberkan Rahasia Biar Lulus Ujian SIM

Anda ingin lulus ujian SIM? Simak penjelasan perwira polisi ini kalau ingin lulus ujian SIM-nya

Anda Ujian SIM? Perwira Satlantas Ini Beberkan Rahasia Biar Lulus Ujian SIM
tribunjateng
Ilustrasi ujian praktik SIM 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG- Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Effendi mengatakan pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) harus menempuh beberapa tahapan ujian untuk mendapatkan SIM di kota Semarang.

Menurutnya materi ujian SIM yang pertama adalah ujian Afis (teori). Pemohon diberikan waktu 15 menit untuk menyelesaikan 30 soal.

"Soal teori tersebut adalah UU no 22 tahun 2010 materinya tentang rambu-rambu etika berlalu lintas, dan tata cara berkendara berkeselamatan. Untuk kategori yang dinyatakan lulus 70 persen atau 21 soal benar. Setelah selesai akan diterangkan koreksi soal jawabannya. Semua materi soal berasal dari Korlantas," ujarnya, Rabu (25/1/2017).

Sejumlah pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Semarang tidak langsung lulus saat menjalani ujian praktik SIM di halaman GOR Manunggal Jati yang digelar Satlantas Polretabes Semarang.

Setelah dinyatakan lulus teori pemohon akan menjalankan ujian kedua yaitu praktek. Ada lima item yang harus dilalui pemohon C yaitu zigzag, antisipasi (rem hindar), U turn (melingkar kekanan), rem block (pengereman berhenti), angka delapan.

"Rata-rata pemohon gagal di zigzag. Sedangkan SIM A hampir sama cuma ada tambahan rem menanjak serta turun dan parkir paralel serta seri. Rata-rata gagalnya diparkir ," tuturnya.

Sedangkan ujian simulator (klipeng) yang diperuntukkan untuk pemohon SIM A umum hingga B2 Umum terdapat uji antisipasi, reaksi yang diwujudkan dalam bentuk seperti video game. Bentuk simalator sendiri seperti mengemudi truk dimana terdapat tiga layar LCD, dan kemudi.

"Di simulator sama saat jalan umum seperti bagaimana kita jalan, berhenti, dan cara mendahului," tuturnya.

Ia menuturkan rata-rata pemohon gagal saat melaksanakan uji reaksi membandingkan sisi kanan maupun kiri. Peserta tidak diperbolehkan menabrak sebanyak tiga kali. "Nanti jika nabrak ada bunyi tet-tet," tuturnya.

Menurutnya solusi untuk pemohon SIM agar lulus ujian adalah sering latihan materi seperti ujian Afis (terori) yang dipelajari melihat dilihat di web Korlantas Polri dan untuk ujian teori pemohon dapat hadir untuk latihan di Satuan Administrasi Penerbitan SIM (Satpas) secara gratis atau di lembaga pelatihan.

"Tidak jaminan orang mampu berkendara dapat lolos. Karena berkendara yang benar sesuai Undang-undang berkeselamatan. Pemohon diberi kesempatan waktu tuju hari, 14 hari, dan 30 hari untuk mengulang kecuali jika pemohon mengundurkan maka uang permohonan dikembalikan," tuturnya. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help