MUI pun Jadi Korban Hoax Terkait Berita Fatwa Haram Angpao Imlek. Ternyata?

Berita tersebut adalah tidak benar, bohong dan mengandung unsur fitnah, kebencian serta adu domba antar umat beragama

MUI pun Jadi Korban Hoax Terkait Berita Fatwa Haram Angpao Imlek. Ternyata?
Kristian Erdianto
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sholahuddin Al-Aiyub, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi, saat memberikan keterangan pers di gedung MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak pihak telah menjadi korban berita bohong atau yang disebut hoax.

Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menjadi korban hoax.

Pada sebuah situs blog, terdapat berita bohong tentang Ketua MUI, Ma'ruf Amin yang berjudul: "MUI Akan Bahas Fatwa Haram Mengenai Angpao Imlek, Masyarakat Berang".

Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, menyebut Ma'ruf Amin tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu.

Ia menegaskan berita tersebut tidak benar.

"Berita tersebut adalah tidak benar, bohong dan mengandung unsur fitnah, kebencian serta adu domba antar umat beragama," ujar Zainut Tauhid Sa'adi dalam siaran persnya, Rabu (25/1/2017).

Berita tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan, kesalah pahaman dan dapat memicu konflik antar-elemen masyarakat yang dapat mengganggu harmoni kehidupan umat beragama di Indonesia.

"MUI meminta kepada aparat kepolisian untuk segera mengusut tuntas berita bohong tersebut, dan menuntut secara hukum pelakunya, tanpa menunggu adanya pengaduan karena hal ini adalah delik pidana umum," kata Zainut.

"Meminta kepada Kementerian Informasi dan Komunikasi untuk secepatnya menutup situs yang mengunduh berita tersebut agar beritanya tidak menyebar," ujarnya.

Wakil Ketua MUI menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpengaruh dan tidak ikut menyebarkan berita bohong, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di tengah kehidupan masyarakat.

Redaksi Tribunnews.com sekaligus mengklarifikasi bahwa pemberitaan blog Tribunnewss.wordpress bukan bagian dari Grup Tribunnews.com di bawah bendera KKG. Sehingga isi berita tersebut bukan tanggungjawab redaksi Tribunnews.com.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help