Menteri Asman Abnur Impikan Mal Pelayanan Publik, Tidak Perlu Lagi ke Kantor Dinas. Ini Targetnya

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Asman Abnur mengimpikan hadirnya mal pelayanan publik. Ini gambaran dan targetnya!

Menteri Asman Abnur Impikan Mal Pelayanan Publik, Tidak Perlu Lagi ke Kantor Dinas. Ini Targetnya
Kompas.com/Achmad Faizal
MenPAN-RB, Asman Abnur 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mewacanakan dibentuknya mal pelayanan publik untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, pelayanan masyarakat nantinya tak lagi dipusatkan di kantor dinas. Melainkan cukup hanya di mal saja.

"Kita sedang menyiapkan row model mal pelayanan publik. Jadi pelayanan tak perlu ke dinas-dinas lagi. Pelayanan publik selesai di situ saja," kata Asman saat menghadiri pelantikan pengurus DPC PAN Kota Batam, Minggu (29/1/2017) di Golden Prawn, Bengkong.

Keberadaan mal pelayanan publik ini, kata Asman, juga dimaksudkan agar tidak ada lagi praktik sogok-menyogok. Semuanya berjalan transparan. Selain itu juga untuk mempersingkat alur pelayanan.

"Tak ada lagi sogok-menyogok. Ini tarifnya. Sekian menit, sekian jam pelayanannya selesai. Ini harus jadi ciri khas pemerintahan kita kedepan," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Asman juga menyinggung soal akuntabilitas dalam penggunaan anggaran Pemerintah Daerah. Baru-baru ini ada sekitar 500 lebih Pemda yang sudah menyerahkan laporan penggunaan APBD kepada pihaknya.

Dari laporan tersebut, untuk penggunaan anggarannya menurut Asman, masih banyak yang melakukan pemborosan. Selain itu masih ada laporan yang antara judul kegiatan dan isinya tidak nyambung. Ini menjadi catatan pentingnya dan diharapkan dapat diubah berkaitan dengan akuntabilitas penggunaan anggaran. (*)

Baca Berita Terkait di Harian Tribun Edisi Senin (30/1/2017)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved