Tampung Hasil Kerajinan UKM, Dekranasda Karimun Dukung Pariwisata

Dekranasda Karimun tampung kerajinan UKM, dukung pariwisata. Ini strateginya!

Tampung Hasil Kerajinan UKM, Dekranasda Karimun Dukung Pariwisata
tribunbatam/elhadif putra
Kantor Dekranasda Karimun 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Pengembangan kerajinan masyarakat akan ditingkatkan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di tahun 2017 ini. Hal ini juga bertujuan menyokong Kabupaten Karimun yang tengah serius meningkatkan bidang pariwisata.

Ketua harian Dekranasda sekaligus Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli menyebutkan beberapa kerajinan yang dapat dikembangkan antara lain minyak gamat, kuliner serta batik yang dibuat oleh masyarakat.

"Minyak Gamat yang sekarang hanya kemasan botol biasa kita rubah kemasannya menjadi lebih menarik. Begitu juga dengan batik yang bisa kita kontemporerkan dengan budaya jong asli melayu," ujar Yosli yang dijumpai di Gedung Nasional Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu.

Nantinya Dekranasda akan menampung hasil kerajinan dari UKM-UKM. Dengan begitu wisatawan yang berkunjung ke Karimun akan dapat menikmati serta menjadikan hasil kerajinan tersebut sebagai oleh-oleh.

Kantor Deskranasda Karimun sendiri terletak di kawasan yang strategis, yakni di kawasan pelabuhan Taman Bunga, Tanjungbalai Karimun. Dengan dekatnya lokasi dengan pintu keluar masuk utama Pulau Karimun maka diharapkan hasil kerajinan masyarakat tersebut semakin dikenal ke luar daerah.

Selain itu dituturkan Yosli, Deskranasda yang berada di bawah pimpinan Bupati Karimun akan dapat mempromosikan hasil kerajinan masyarakat melalui pameran ataupun dengan cara yang lain.

"Selama ini media untuk mempromosikan hasil kerajinan UKM masih belum ada, makanya kita hidupkan dan dimanfaatkan kembali. Kita berdayakan di suatu tempat untuk pameran dan menjual hasil kerajinan itu. Seperti Pelindo pernah ingin buat wisata kuliner, kita bisa jalin kerjasama dengan mereka," paparnya. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help