Wakil Walikota Syahrul Tinjau KUBE, Pemko Tanjungpinang Fasilitasi Pengepakan UKM

Wakil Walikota Tanjungpinang kunjungi usaha UKM di Kelurahan Pinang Kencana. Pemko janjikan bantuan fasilitas pengepakan hasil produksi UKM

Wakil Walikota Syahrul Tinjau KUBE, Pemko Tanjungpinang Fasilitasi Pengepakan UKM
Tribunbatam/M Ikhwan
Ibu-ibu anggota UKM yang dikunjungi Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Selasa (31/1/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memfasilitasi peroses packaging produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Tanjungpinang. Utamanya produk yang dihasilkan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang menjadi binaan pemerintah.

Demikian disampikan Syahrul disela-sela peninjauan beberapa KUBE binaan Pemko Tanjungpinang, Selasa (31/1/2017). Menurutnya bantuan packaging akan diberikan melalui koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag). Nanti Disprindag akan memberikan bantuan ke KUBE agar bisa membuat kemasan yang standar. Sehingga produk UKM seperti yang dihasilkan KUBE bisa diterima di pasar modern seperti swalayan dan supermarket.

Menurutnya KUBE binaan Pemko Tanjungpinang ada sekitar 30 KUBE dengan anggota 10 orang rumah tangga Program Keluarga Harapan (PKH). Tiap KUBE tersebut pada 2016 lalu diberikan bantuan 10 juta pada 2016.

"Hasil peninjauan kita di lapangan KUBE ini ada yang menonjol dan berkembang. Nah yang seperti itu yang akan kita support bantuan dana lanjutan untuk pengembangan usahanya. Kalau yang tidak menunjukkan kemajuan tentu akan kita evaluasi," katanya.

Oleh karena itu, kepada anggota KUBE, Syahrul berpesan agar bisa mengembangkan modal usaha yang diberikan pemerintah. Sehingga bisa memberikan keuntungan dan meningkatkan kesejahtraan bagi anggota-anggotanya.

"Terus lakukan inovasi dari prodak-prodak yang dibuat. Jangan setelah diberikan bantuan kemudian dibagi kepada anggota, kemudian uangnya habis begitu saja, usahanya tak berkembang," katanya kepada anggota KUBE yang dikunjungi saat melakukan peninjauan lapangan.

Sementara itu, Solikati Ketua KUBE Nuri Kencana, Kampung Purwodadi, Kelurahan Pinang Kencana, Kec Tanjungpinang Timur yang juga dikunjungi Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul menjelaskan, memang kesulitan yang dirasakannya sejak berdirinya KUBE pertengahan 2015 lalu, ialah masalah packaging dan pemasaran. Oleh karena itu, dia bersyukur apabila pemerintah mau membantu packaging.

"Untuk setakat ini kita titipkan produk kita ke warung-warung. Ada juga yang pesanan. Kalau kita produksi kue basah, kue kering," katanya.

Kemudian mereka juga berharap pemerintah bisa membantu memfasilitasi prodak KUBE mereka agar bisa mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Sehingga bisa meningkatkan daya saing dengan produk-produl lain. (*) 

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help