APBD Kepri 2017 Resmi Ketuk Palu. Ini Besaran Angkanya dan Prioritas Anggarannya!

APBD Kepri 2017 akhirnya resmi ketuk palu. Ini besaaran angkanya dan prioritas anggarannya. Bagaimana Pendapat Anda?

APBD Kepri 2017 Resmi Ketuk Palu. Ini Besaran Angkanya dan Prioritas Anggarannya!
tribunbatam/thom limahekin
DPRD Kepri mengesahkan APBD 2017 dalam paripurna, Rabu (1/2/2017)

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-APBD Provinsi Kepri 2017 resmi disahkan dalam rapat paripurna di DPRD Kepri Pulau Dompak Tanjungpinang, Rabu (1/2/2017) siang.

Dalam pidatonya, ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, meminta Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan jajarannya agar segera menjalankan tugasnya.

"Ada tujuh isu prioritas yang harus segera dikerjakan oleh pemerintah dalam APBD ini. Ketujuh program itu dirangkum dalam program dan kegiatan APBD yang akan disahkan ini," kata Jumaga.

Ketujuh program itu antara lain, peningkatan pelayanan dasar, pembangunan infrastruktur pelayanan, pelabuhan dan jalan serta pengembangan industri kemaritim.

Pengembangan perikehidupan bermasyarakat yang demokratis, tertib dan berbudaya Melayu, peningkatan ekonomi produktif, pengentasan kemiskinan dan yang terakhir, pengentasan kemiskinan adalah prioritas lain yang juga mendapat perhatian Pemprov Kepri.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Kepri, yang mengalokasikan 26,09 persen anggaran untuk pendidikan dan 10,05 persen untuk kesehatan," puji Jumaga.

Sementara itu, anggota Badan Anggaran (Banggar) Iskandarsyah saat membacakan struktur APBD menyebutkan bahwa pendapatan diasumsikan sebesar Rp 3,201 triliun.

Pendapatan ini berasal dari pendapatan asli daerah yang diperkirakan mencapai Rp 1,104 triliun, dana perimbangan Rp 1,683 Triliun serta Rp 413 miliar dari pendapatan sah lain-lain.

"Sesuai dengan nota keuangan yang disampaikan 12 Januari, adapun belanja daerah kita mencapai Rp 3,306 triliun," kata Iskandarsyah.

Menurut Iskandarsyah, anggaran pendidikan sebesar 26,09 persen dan kesehatan 10,05 persen juga akan mengakomodir kegiatan prioritas 2016 yang tertunda.

"Anggaran itu juga akan dipakai untuk menjalankan prioritas pembangunan yang berdasarkan nawacita Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla," tegas Iskandarsyah.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kepri dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepri selama ini.

Dia berharap, dengan disahkannya APBD ini, geliat pembangunan dapat dirasakan di Kepri.

"Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD Kepri atas kerjasama ini," ucap Nurdin. (*) 

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved