DPRD Janji Dorong KEK Bintan, Soal Lahan Galang Batang Pemkab Ajukan Izin ke Menteri ATR

DPRD janji dorong KEK Bintan, soal lahan Pemkab ajukan izin ke Menteri ATR. Ini prosedurnya!

DPRD Janji Dorong KEK Bintan, Soal Lahan Galang Batang Pemkab Ajukan Izin ke Menteri ATR
tribunbatam/aminnudin
Bupati Bintan Apri saat rapat KEK di Kemenko Perekonomian di Jakarta, Senin (30/1/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Wakil Ketua Komisi I DPRD Bintan Daeng M Yatier menegaskan, pihaknya akan mendukung dan mendorong setiap upaya upaya Pemkab Bintan memperlancar pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang yang sedang intens dibahas di Dewan KEK Nasional pekan ini.

"Kami mendukung. Bahkan kalau perlu kami akan mengawasi kepala dinas yang terkait dengan itu untuk mempercepat pembentukan KEK Galang Batang ini,"ujarya, Rabu (1/2/2017).

Menurut Yatier, proses KEK Galang Batang harus dipercepat agar masyarakat Bintan cepat mendapatkan dampak peningkatan ekonomi terkait itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPST) Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, proses yang sedang berlanjut saat ini tinggal menunggu teken DPRD. "Masalah sebetulnya tak ada lagi, tinggal tunggu teken DPRD ini dan izin lokasi,"kata Hafarizal.

Dia menguraikan, dalam ekspose potensi KEK Galang Batang di Jakarta kemarin, Dewan KEK Nasional yang diketui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyedorkan belasan item yang wajib dilengkapi. "Nah dari belasan item, dua item ternyata perlu dilengkapi. Nah dua item ini sedang dalam pengurusan. Intinya, tetap jadilah itu KEK itu,"kata Hasfarizal.

Satu item itu terkait izin lokasi. Dalam izin lokasi, kewenangan Pemkab Bintan kata dia dibatasi hanya 400 hektar. Pemkab kata Hasfarizal kemudian meminta kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk mengajukan izin lahan seluas 2.590 hektar untuk KEK Galang Batang.

"Kita sudar surati Kementerian ATR melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN). Alurnya ini begini, bupati surati saya, saya kemudian lanjutkan ke Kementerian ATR,"kata Hafarizal.

Proses keseluruhan kata Hasfarizal akan rampung dalam waktu dekat. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved