Tiga Wilayah Anambas Diusulkan Jadi Lokasi Balai Benih Ikan, Ini Lokasi Ketiganya

Pemkab usulkan tiga lokasi di Anambas ini menjadi lokasi Balai Benih Ikan. Ini detail tiga lokasi usulan

Tiga Wilayah Anambas Diusulkan Jadi Lokasi Balai Benih Ikan, Ini Lokasi Ketiganya
TRIBUN BATAM/ AMINNUDIN
Ilustrasi. Suasana penebaran benih ikan di taman kijang kota, Minggu (6/11) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Tiga wilayah di Anambas diusulkan kepada tim ahli untuk pembangunan Balai Benih Ikan (BBI). Yusmadi, Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, pembangunan BBI ini merupakan salahsatu program dalam peningkatan budidaya.

Adapun tiga wilayah tersebut meliputi Pulau Teluk Pau Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah, Pulau Butun dan Pulau Bidik yang berada di Kecamatan Palmatak. "Ada tiga wilayah yang kami usulkan terkait pembangunan Balai Benih Ikan (BBI). Nantinya, tim yang akan melakukan kajian serta menentukan wilayah mana yang layak untuk dijadikan lokasi Balai Benih Ikan tersebut," ujarnya Rabu (1/2/2017).

Pihaknya menambahkan, ketersediaan lahan seluas tiga hektare serta berada jauh dari pemukiman penduduk menjadi salahsatu syarat untuk pembangunan Balai Benih Ikan di Anambas. Unit Pelaksana Tugas (UPT), nantinya akan bertugas untuk mengelola jenis ikan yang akan dikelola.

"Jauh dari pemukiman penduduk ini dimaksudkan agar jauh dari kontaminasi dan pencemaran lingkungan. Selain itu, aksesnya yang kami harapkan mudah dijangkau oleh nelayan," ungkapnya lagi. Yusmadi mengatakan, hadirnya BBI juga bertujuan untuk memberikan standarisasi terhadap pembibitan ikan yang layak untuk dibudidaya. Hal ini diharapkan berdampak pada mutu serta kualitas dari ikan hasil nelayan budidaya.

"Pemerintah Daerah hanya mempersiapkan lahan saja. Karena, untuk membangun BBI ini membutuhkan anggaran yang besar. Harapan kami kedepan, hadirnya BBI ini dapat memberikan pengaruh kepada nelayan budidaya, khususnya kepada hasil produksi ikan budidaya mereka," tutupnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help