Benarkah Dana Jaminan Reklamasi Perusahaan Tambang Bintan Disimpan di BPR? Inikah Jumlahnya?

Benarkah dana jaminan reklamasi perusahaan tambang di Bintan disimpan di BPR? Inikah jumlahnya? Anggota DPRD Bintan ini menjawabnya!

Benarkah Dana Jaminan Reklamasi Perusahaan Tambang Bintan Disimpan di BPR? Inikah Jumlahnya?
tribunbatam/aminnudin
Peta kuasa tambang di Bintan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Benarkah perusahaan tambang di Bintan di masa lalu dan sekarang banyak yang mangkir dari kewajiban reklamasi dan kegiatan pasca tambang?

Lalu, kemana dana jaminan reklamasi yang harus disetor pengusaha tambang saat hendak melakukan eksplorasi? Apakah dana jaminan itu diberdayakan untuk reklamasi atau menguap begitu saja tanpa kejelasan?

Rentetan pertanyaan itu bersileweran pada diskusi publik bertajuk Pemanfaatan Lahan Tidur Tambang Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Hidup.

Anggota DPRD Bintan Hasriawdi yang hadir di situ menyarankan perlunya adanya pemanfaatkan lahan lahan tidur pasca tambang, jangan dibiarkan teronggok begitu saja. Jumlahnya cukup banyak karena satu perusahaan tambang bisa memiliki area eksplorasi di beberapa tempat berbeda sekaligus.

Khusus dana jaminan reklamasi yang mengendap di lembaga perbankan, dia menyarankan sebaiknya perlu diauit. "Kalau perlu diaudit dana dana itu, sehingga bisa ditahu kemana perginya,"kata dia.

Terkait informasi yang menyebutkan, dana jaminan reklamasi disimpan dalam bentuk deposito di Bank Pekreditan Rakyat (BPR) Bintan, salah satu BUMD Bintan, dia menegaskan tidak tahu. Yang pasti dana jaminan yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah itu masih ada di Bank tersebut yang tersimpan dalam bentuk rekening. Namun apakah rekening pihak ketiga atau kedua, itu masih perlu ditanyakan lagi sama banknya.

"Kami di dewan pernah menanyakan soal dana itu, Bank bilang dana jaminan reklamasi itu masih ada. Mengenai jumlah riilnya saya kurang tahu, karena ada beberapa perusahaan yang sudah mencairkan dana jaminan itu,"kata dia.

Hasriawadi menyatakan tak tahu persis apakah perusahaan yang mencairkan dana jaminan reklamasi itu untuk kegiatan reklamasi atau kepentingan lain. Dan apakah dana itu tersimpan di rekening pihak ketiga atau bagaimana juga tak bisa dijelaskan.

"Kita pernah tanyakan apakah dana itu tersimpan di rekening pihak ketiga. Sebab kalau bank (BPR) itu kan rekening pihak kedua. Setahu saya jawaban perbankan waktu masih tersimpan di pihak kedua, dalam arti rekening mereka, rekening pihak kedua. Ndak tahu kalau sekarang,"kata dia.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved