Cek Urine Ternyata Penting Selama Kehamilan. Ini Alasannya

Selama masa kehamilan, seorang calon ibu memang harus berhati-hati dalam menjaga kehamilannya

Cek Urine Ternyata Penting Selama Kehamilan. Ini Alasannya
net
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Selama masa kehamilan, seorang calon ibu memang harus berhati-hati dalam menjaga kehamilannya. Pemeriksaan secara rutin harus dilakukan agar janin dan ibu senantiasa sehat.

Kasus yang menimpa Adila Jelita, istri Indra Bekti yang harus merelakan anak ketiganya akibat Infeksi Saluran Kemih (ISK) masih hangat dibicarakan. Karenanya cek urin menjadi penting bagi ibu hamil.

Ibu hamil sangat rentan dengan berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Apalagi ibu hamil terkena infeksi, ia harus mendapatkan penangan khusus, karena tak semua jenis obat dapat dikonsumsi ibu hamil.

"Saat hamil, penting untuk melakukan cek urin supaya terhindar dari ISK. Begitupun dengan memastikan kenaikan berat badan ibu dan mengukur tensinya,” jelas dr. Sita Danishwati, Sp.OG., di MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta Selatan.

Intensitas buang air kecil ibu hamil lebih tinggi sehingga ia rentan dengan infeksi saluran kencing dan tekanan darah ibu hamil mendadak tinggi jelang persalinan atau pre-eklamsia.

Selain kondisi fisik, nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Asupan makanan yang baik untuk ibu hamil sangat dibutuhkan.

Seperti makanan yang tinggi asam folat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan, untuk meminimalsir bayi cacat dalam kadungan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan protein, biasanya ibu hamil diwajubkan mengonsumsi susu, seafood laut dalam. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help