Ini Dia Delapan Merek Mobil dengan Nilai Terbaik. Siapa Peringkat Pertama?

Konsultan bisnis yang berbasis di London, Inggris, Brand Finance, mengeluarkan daftar 500 perusahaan di dunia dengan nilai tertinggi.

Ini Dia Delapan Merek Mobil dengan Nilai Terbaik. Siapa Peringkat Pertama?
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Konsultan bisnis yang berbasis di London, Inggris, Brand Finance, mengeluarkan daftar 500 perusahaan di dunia dengan nilai tertinggi. Ketika disegregasi ulang, ada tujuh besar dari total jumlah tersebut yang dihuni merek-merek otomotif.

Analisis untuk menentukan nilai itu berdasarkan banyak variabel, mulai dari loyalitas, citra merek, reputasi perusahaan, sampai investasi pemasaran. Berikut delapan besar produsen mobil dengan nilai tertinggi, dimulai dari peringkat ketujuh:

1. Pada peringkat kedelapan ada Hyundai yang dalam ranking 500 besar berada di posisi ke-60. Nilai merek asal Korea Selatan ini mencapai 19,975 miliar dollar AS (setara Rp ) meski keuntungan perusahaan anjlok 16 persen pada 2016.

2. Peringkat ketujuh ada Honda, dalam ranking 500 besar menduduki posisi ke-52. Merek ini dikatakan sebagai salah satu yang konsisten, dan kini nilainya mencapai 21,318 miliar dollar AS.

3. Posisi keenam ada Ford, yang menjadi satu-satunya merek Amerika Serikat yang masuk 100 besar, yakni berada di pos ke-46. Meski menutup operasi di sejumlah kawasan, merek ini masih bernilai tinggi, mencapai 22,432 miliar dollar AS.

4. Peringkat kelima ada Volkswagen yang mengalami penurunan drastis tahun lalu akibat skandal emisi mesin diesel. Kendati demikian, merek ini masih kuat bahkan naik 32 persen, tembus posisi dan mencapai peringkat ke-41 dalam 500 besar. Nilai perusahaan ini mencapai 25 miliar dollar AS.

5. Naik ke peringkat keempat, ada Mitsubishi yang berhasil menduduki peringkat ke-38 pada 500 besar, dengan nilai perusahaan mencapai 27,954 miliar dollar AS.

6. Podium ketiga, muncul merek Jerman, yakni Mercedes-Benz dengan nilai perusahaan yang naik 11 persen menjadi 35,544 miliar dollar AS. Merek ini bertengger di posisi ke-21 pada 500 besar.

7. Podium kedua, masih merek Jerman, diduduki BMW yang menduduki ranking ke-17 dari 500 besar. Nilai perusahaan ini mencapai 37,124 miliar dollar AS.

8. Posisi pertama dihuni Toyota yang berhasil menduduki posisi ke-12 pada ranking 500 besar merek dengan nilai tertinggi. Toyota punya nilai setara 46,255 miliar dollar AS, menjadikannya sebagai merek otomotif paling bernilai di dunia. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved