Sebaiknya Anda Tahu

Sendi Anda Bengkak dan Memerah? Waspadai Tanda-tanda Serang Penyakit Asam Urat!

Sebaiknya Anda segera ke dokter jika sendi tiba-tiba bengkak dan memerah. Itu gejala asam urat. Ini pemicu dan faktor risikonya!

Sendi Anda Bengkak dan Memerah? Waspadai Tanda-tanda Serang Penyakit Asam Urat!
Istock/tabloidnova
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Pernah curiga Anda mengalami asam urat berlebih ketika merasa ngilu di sejumlah bagian tubuh? Sebenarnya, apa itu asam urat dan bagaimana mengenali gejalanya?

Asam urat dihasilkan ketika tubuh memecah zat purin yang masuk melalui makanan tertentu. Setelah diproduksi, asam urat ini akan larut dalam darah dan melewati ginjal. Sebagian besar dikeluarkan dalam bentuk urin.

Namun, jika asam urat dalam tubuh terlalu tinggi dan ginjal tak dapat mengeluarkannya dengan cepat, maka dampaknya berbahaya bagi kesehatan. Gangguan ini disebut hyperuricemia.

Penyakit yang timbul dari kadar asam urat tinggi antara lain tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis.

Untuk mengetahui kadar asam urat di tubuh masih dalam batas normal atau sudah berlebih, maka bisa dilakukan lewat tes sampel darah. Dalam kondisi normal kadar asam urat di tubuh wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dL, sedangkan dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 hingga 7,2 mg/dL.

Organ tubuh yang biasanya terserang asam urat umumnya di bagian sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku. Nah, berikut ini adalah gejala gangguan asam urat yang bisa dikenali dengan mudah:

1. Linu pada sendi

Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan. Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.

2. Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang

Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit bergerak.

Halaman
123
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help