Disnaker Batam Siapkan Pelatihan dan Sertifikasi. Semuanya Gratis!

Sampai saat ini, sudah ada 3.419 orang pencaker yang mendaftar untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi tanpa biaya tersebut.

Disnaker Batam Siapkan Pelatihan dan Sertifikasi. Semuanya Gratis!
TRIBUNBATAM/ABD RAHMAN MAWAZI
Petugas melayani warga yang pendaftaran pelatihan kerja di Disnaker pada hari terakhir, Jumat (10/2/2017). Pada pukul 10.00 formulir sudah habis. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sebanyak 2.972 orang pekerja berkesempatan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja di Batam untuk tahun 2017.

Ribuan orang tersebut akan diseleksi dari para pencaker yang mendaftar. Sampai saat ini, sudah ada 3.419 orang pencaker yang mendaftar untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi tanpa biaya tersebut.

"Sampai hari Selasa (8/2) kemarin, ada 3.419 orang yang mendaftar. Kegiatan pelatihan untuk pencaker, kuota yang akan diterima ada 646 orang. Sementara yang akan ikut peningkatan kemampuan dan sertifikasi, sebanyak 2.326 orang. Jadi totalnya 2.972 orang," ujar ‎Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata.

Menurutnya, pelatihan juga diberikan kepada pencaker yang berpengalaman tapi sedang tidak bekerja.‎ Mereka nantinya akan diseleksi sesuai ketentuan yang ditentukan Disnaker, untuk mengkikuti pelatihan sepanjang tahun 2017.

"Ada 29 jenis pelatihan yang digelar, di mana pelatihan dilakukan rata-rata digelar selama 15 hari kerja. Tapi ada juga pelatihan dua hari dan ada yang 21 hari," tuturnya.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan dilakukan, diantaranya untuk electrical technician, akuntansi Myob, security, autocad, microsoft, welder dan HRD.

Selain itu, ada juga untuk mobile crane kelas III, scaffolding, electrical instrumen, dan accounting.

"Ada juga untuk teknik pendingin, bahasa Inggris, hydroponik, pipe fitter, teknik komputer, riger, motor tempel, juru ukur," kata dia.

Disnaker Batam juga mengadakan kegiatan pelatihan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja, ‎untuk sertifikasi dan uji kemampuan welding inspector yang sedang bekerja dan yang berpengalaman. Selain itu, ada pelatihan welder level II SMAW GTAW sertifikasi TWI yang sedang bekerja dan berpengalaman.‎

"Ada pelatihan pengawas scaffolding pekerja yang sedang bekerja ‎dan yang berpengalaman. Inspektur rigger‎ yang sedang bekerja dan berpengalaman. Pelatihan welder level I yang berpengalaman dan yang sedang bekerja, pelatihan drafter autocad yang berpengalaman dan masih bekerja," ucapnya.

Pelatihan AK3 umum, K3 Migas, medis, pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk jurnalis juga digelar.

Selanjutnya uji kompetensi HRD level asisten manager, sertifikasi dan uji kompetensi food dan beverage, pelatihann HRD suvervisor.

Sertifikasi dan uji kompetensi NDT PT dan MT, sertifikasi dan uji kompetensi barista, curinary/cook, Bahasa Inggris.‎

Sertifikasi kompetensi bidang perhotelan meliputi house keeping, front office, food and beverage, security, marketing, HRD dan manager hotel.

Sertifikasi bidang travel and agency untuk tour guide, tour leader, front office,marketing and manager travel.

Ada untuk spa, jasa hiburan, master drive, jasa transportasi wisata. ‎Ada pelatihan dan sertifikasi kepelautan SKK 30 mil.

"Yang berhak mengikuti pelatihan, mereka yang belum pernah mengikuti pelatihan yang diadakan Disnaker. Peserta untuk yang tidak sedang bekerja atau belum bekerja dengan pendidikan minimal SLTA. Kecuali untuk welder dasar dan motor tempel minimal SMP. Sementara untuk HRD minimal D3," kata Ardi.‎(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help