Dinas Pariwisata Batam Bakal Bagikan Tiket Ferry Gratis. Berminat?

Pertemuan dengan Divisi Pemasaran Wilayah Nusa Tenggara Kemenpar itupun melibatkan para operator ferry se-Kepri, Batam khususnya

Dinas Pariwisata Batam Bakal Bagikan Tiket Ferry Gratis. Berminat?
Tribun Batam/Thomas Limahekin
ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Dinas Pariwisata Kota Batam baru-baru ini melakukan pertemuan dengan perwakilan Kementerian Pariwisata.

Pertemuan dengan Divisi Pemasaran Wilayah Nusa Tenggara Kemenpar itupun melibatkan para operator ferry se-Kepri, Batam khususnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Febrialin, mengatakan pertemuan tersebut dalam rangka promosi Pariwisata Batam, untuk mengejar target wisman di kota industri ini.

"Pertemuan karena menyangkut target wisman. Hasilnya sebagai bentuk upaya promosi, akan ada free tiket nanti untuk kunjungan ke wilayah Kepri dan Batam di weekdays. Kenapa diarahkan weekdays, ini juga untuk upaya peningkatan length of stay wisman di Batam. Kalau sekarang kan rata-rata lenght of stay cuma 1,9 hari‎. Dengan ini kita harapkan bertambah length of stay nya," tutur dia.

Febrialin menuturkan, sesuai arahan wali kota Batam, Rudi pada pidato dalam apel perdananya, sektor pariwisata Batam memang menjadi perhatian. Hal itu karena dianggap sektor ini menjadi penyumbang PAD yang cukup signifikan.

"Sekitar 18,7 persen PAD kita sekarang memang bersumber dari usaha kepariwisataan. Seperti hotel, restoran, dan jasa hiburan. Tahun ini kalau Kepri ditargetkan kunjungan wismannya 2,5 juta‎, Batam sesuai RPJMD diharapkan mampun menyumbang sekitar 1,7 jutanya," kata dia.

Selain melakukan pertemuan dengan Kemenpar tersebut, untuk mengejar angka wisman tersebut, Dispar Batam juga sudah melakukan sosialisasi event-event tahunan. Sosialisasi tersebut diberikan kepada para operator ferry, tour and travel, ASITA, dan pelaku kepariwisataan lainnya.

"Di tahap awal kita sudah ada pertemuan dulu dengan HPI dan ASITA, serta pramuwisata. Untuk pertemuan dengan pramuwisata se-Kota Batam ini kemarin ada 250 an orang, termasuk juga 50 orang pramuwisata dari Singapura. ‎Pramuwisata ini memegang peran yang penting, karena mereka yang jadi ujung tombak pariwisata. Mereka yang menginformasikan atau memperkenalkan pariwisata suatu daerah," tuturnya.

Selain pertemuan-pertemuan tersebut, ia juga menyebutkan untuk tahun 2017, setidaknya ada 16 kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mendorong pariwisata.

"Itu gabungan. Jadi bukan kegiatan dari dinas saja, tapi perpaduan dengan pelaku pariwisata di Batam juga. Seperti hotel-hotel yang menggelar event. ‎Sambil pemerintah kota juga melakukan pembenahan beberapa tempat wisata, seperti dendang melayu, pulau abang. Harapannya ini semua bisa menambah daya tarik Batam untuk dikunjungi wisatawan," kata dia.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved