TribunBatam/

Semenanjung Korea Memanas

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Juru bicara kementerian pertahanan Korsel belum bisa memastikan jenis rudal balistik yang ditembakkan pada Minggu pagi

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik ke Laut Jepang
AFP PHOTO / JUNG Yeon-Je
Seorang wanita di Seoul, Korsel, berjalan dengan televisi yang menyiarkan berita terkait penembakan rudal oleh Korea Utara dan jatuh di laut Jepang, Minggu (12/2/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG - Korea Utara dilaporkan menembakkan sebuah rudal balistik pada Minggu (12/2/2017) sekitar pukul 07.55 waktu setempat dan melesat  sejauh 500 kilometer.

Rudal tersebut ditembakkan dari pangkalan udara Banghyon, Provinsi Pyongan Utara dan kemudian jatuh di laut Jepang.

Juru bicara kementerian pertahanan Korsel belum bisa memastikan jenis rudal balistik yang ditembakkan pada Minggu pagi .

Kantor berita Yonhap mengatakan, militer Korsel menduga rudal tersebut mungkin sejenis dengan rudal balistik jarak menengah Musudan yang pernah ditembakkan sebelumnya.

Korut pada Oktober 2016 telah melakukan pengujian rudal Musudan sebanyak dua kali yang ditembakkan dari pangkalan udara yang sama.

Seoul menyebutkan, penembakan terbaru itu merupakan aksi “unjuk kekuatan” untuk menentang sikap keras pemerintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Pyongyang.

“Jangkauan tembakan mencapai sekitar 500 km. Korsel an AS sedang berusaha melakukan analisis lebih detail mengenai informasi tambahan,” kata seorang petinggi Korsel.

Kantor Presiden Korsel mengatakan, tidak lama setelah tembakan rudal Korut itu para pejabat keamanan di Seoul langsung mengadakan pertemuan darurat pada pukul 09.30 waktu setempat.(*)

Editor: Mairi Nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help