Gaduh Tarif Pas Pelabuhan Pinang per 15 Februari, GM Pelindo: Sudah Lalui Perhitungan Matang!

Tarif pas masuk Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang naik dan efektif berlaku per 15 Februari 2017. Pelindo berdalih telah lalui perhitungan matang

Gaduh Tarif Pas Pelabuhan Pinang per 15 Februari, GM Pelindo: Sudah Lalui Perhitungan Matang!
TRIBUNBATAM/MAIRINANDARSON
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang sudah melalui perhitungan yang matang. Oleh karena itu, tarif tersebut tetap harus diberlakukan mulai 15 Februari 2017. Demikian ditegaskan oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan, Senin (13/2/2017).

Menurutnya, kenaikan tarif itu juga diiringi dengan peningkatan pelayanan, perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang, maupun fasilitas penyandaran kapal.

"Kita akan jadikan SBP ini menjadi pelabuhan tipe kelas A bersekala internasional. Dengan fasilitas lift, eskalator, ruang tunggu yang nayaman. Tapi pembangunannya bertahap. Target kita 2020 sudah selesai," katanya.

Menurutnya, sejak 2013, Pelindo 1 juga juga belum pernah melakukan penyesuaian tarif. Padahal menurut perhitungan Pelindo 1, pas masuk pelabuhan internasional sudah harus naik dari Rp 13.000 menjadi Rp50.000 pada 2015 lalu. Namun kenyataannya masih belum ada penyesuaian.

"Disisi lain, biaya operasional Pelabuhan terus meningkat. Seperti angka besaran upan atau UMR, tarif listrik, air dan biaya perawatan juga meningkat. Jadi mau tak mau Pelindo 1 harus meyesuiakan tarif pas masuk pelabuhan," katanya.

Wayan juga menjelaskan, kenaikan tarif pas pelabuhan tersebut juga sudah melalui perbandingan dengan tarif pas masuk pelabuhan lain di wilayah Kepri seperti Batam dan Karimun. Sehingga dia berharap semua pihak mengerti.

"Jadi ini ini sudah kita sosialisasikan. Kita juga sudah koordinasi dengan PT TMB (BUMD Tanjungpinang). Bahkan kita sudah wawancara beberapa pengguna jasa di pelabuhan luar negeri, mereka menerima," katanya.

Untuk diketahui, pas masuk terminal pelabuhan domestik SBP sebelumnya sebesar Rp5.000 naik menjadi Rp6.000. Pas pengantar atau penjemput yang saat ini sebesar Rp3.000 naik menjadi Rp6.000.

Kemudian untuk pas penumpang di pelabuhan internasional saat ini dipungut Rp13.000 mulai 15 Februari 2017 mendatang naik menjadi Rp60.000 perorang.

"Kita memang tidak bedakan antara pas pengantar dan penumpang. Karena sejatinya pengantar kita tidak ingin pengantar masuk ke terminal kecuali untuk hal-hal tertentu seperti mengantar orang sakit," katanya. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help