Sering Kepedasan? Coba Minuman Ini Agar Rasa Pedas Cepat Hilang

Menurut penelitian yang dilansir dari BOLDSKY, langsung meminum air putih setelah mengonsumsi makanan pedas merupakan kebiasaan yang salah

Sering Kepedasan? Coba Minuman Ini Agar Rasa Pedas Cepat Hilang
Istimewa
Ilustrasi makan Cabai 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Saat mengonsumsi makanan yang dibumbui sambal dan bikin lidah kepedasan seperti tebakar, setiap orang akan mencari air putih atau minuman dingin untuk meredakan rasa pedas di mulut.

Namun, bukannya menghilang, justru rasa pedas semakin menyebar. Kenapa, ya?

Menurut penelitian yang dilansir dari BOLDSKY, langsung meminum air putih setelah mengonsumsi makanan pedas merupakan kebiasaan yang salah.

Hal ini tidak akan memberikan efek apa-apa, justru membuat rasa pedas lebih lama hilang. Ini penjelasannya.

Mengonsumsi air dalam jumlah banyak ternyata tidak memiliki manfaat sama sekali untuk meredakan sensasi pedas, yang terjadi justru sebaliknya.

Mengonsumsi air akan membuat sensasi pedas semakin menyebar di dalam mulut.

Hal ini karena adanya zat capsaisin. Capsaisin adalah zat kimia alami yang terdapat dalam cabai yang menimbulkan sensasi pedas dan merupakan molekul non-polar yang hanya akan larut pada zat-non polar lainnya.

Sedangkan air merupakan zat polar, sehingga tidak bisa melarutkan zat non-polar seperti capsaisin dan menghilangkan rasa pedasnya.

Inilah alasan mengapa air tidak efektif untuk bisa menghilangkan rasa pedas, meskipun sudah meminumnya dalam jumlah yang banyak sekalipun.

Meminum air dalam jumlah banyak saat makan pedas juga hanya akan membuat rasa haus semakin meningkat.

Halaman
12
Tags
pedas
cabai
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help