TribunBatam/

KPLP Tanjunguban Ungkap Penemuan Kapal Misterius di Nongsa. Ada Bendera Malaysia, Siapa Punya?

KPLP Tanjunguban temukan kapal misterius di perairan Nongsa. Selain tak bertuan, juga ada bendera Malaysia. Siapa tahu pemiliknya?

KPLP Tanjunguban Ungkap Penemuan Kapal Misterius di Nongsa. Ada Bendera Malaysia, Siapa Punya?
tribunbatam/aminnudin
Kapal temuan KPLP Tanjunguban di Perairan Nongsa 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjunguban pada Jumat (17/2/2017) melansir kabar penemuan kapal berbendera Malaysia di perairan Nongsa, Batam. Pada Kamis (16/2/2017) kapal itu diamankan total. Posisi berlabuh MT Pisces GT416, nama kapal itu di 01°-11-963" N/104°-06-967" E.

"Kapal itu sudah dalam pengawasan penuh pihak kami,"kata Sugeng Riyono, Kepala Bagian Operasi (KaOps) Pangkalan PLP Tanjunguban.

Kondisi kapal saat diamankan dalan keadaan tak bernahkoda, juga tak terdapat anak buah kapal (ABK) atau crew di dalam. Kapal milik siapa benar benar misterius. "Intinya kapal saat kami amankan sudah tak berawak dengan posisi berlabuh di tengah perairan,"kata Sugeng.

Penemuan kapal tak bertuan itu tak terduga. KPLP Tanjunguban sebelumnya berpatroli keselamatan maritim (Patkesmar) pukul 10.05 Wib.

"Saat Patkesmar, tim mendapat info dari kapal pengawas pipa gas bawah laut CB Petir, diketemukan kapal berjenis tanker yaitu MT Pisces GT 316 berbendera malaysia yang berlabuh pada posisi 01°-11-963" N/104°-06-967" E di perairan pulau Nongsa Batam,"kata dia.

Jarak kapal pengawas pipa gas dengan kapal tak bertuan itu sekitar 400 meter. Usai mendapatkan informasi dari mereka, KN Rantos P 20 yang dipakai patroli tiba pada jam 2 siang. "Sekitar pukul 14.20 tepatnya,"sebut Sugeng.

Dari hasil kroscek diketehui ternyata kapal tersebut tidak ada ABK sama sekali.

"Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka MT Pisces kita amankan. kapal tersebut ditarik dengan menggunakan KN Kalimasadha P-115 ke dermaga Pangkalan PLP Tanjunguban," terangnya.

Terkait tidak adanya ABK yang berada di atas kapal tanker tersebut, sampai saat ini belum diketahui keberadaannya dan masih dilakukan pendalaman.

"Posisi kapal saat ini sudah berada di dermaga Pangkalan KPLP Tanjunguban. Sampai saat ini, apa penyebab kapal tersebut tanpa awak belum diketahui secara pasti dan masih dilakukan pendalaman," terang Sugeng. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help