Pengaliran Air Tunggu Aliran Listrik, PDAM Tirta Karimun Tetap Tambah Saluran Rumah

Pengaliran air PDAM Tirta Karimun tunggu aliran listrik. PDAM tetap tambah saluran rumah. Ini alasannya!

Pengaliran Air Tunggu Aliran Listrik, PDAM Tirta Karimun Tetap Tambah Saluran Rumah
tribunnews batam/rachta yahya
Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau sejumlah proyek PDAM Tirta Karimun di Desa Pongkar, Sungai Bati dan Sentani, Kamis (29/5/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Pendistribusian air bersih melalui jaringan pipa ke Kecamatan Tebing, Kecamatan masih menunggu masuknya aliran listrik ke waduk Pongkar. Diperkirakan warga Tebing mulai dapat menikmati air PDAM pada April mendatang.

PDAM Tirta Karimun selaku perusahaan penyalur air minum melakukan pemasangan awal Saluran Rumah (SR) bagi 500 pelanggan di kawasan Tebing. Apabila tahap awal ini lancar, maka PDAM Tirta Karimun akan melakukan pemasangan lanjutan.

"Dijadwalkan kita akan mulai buka yang 500 awal ini mulai bulan Maret. Kita masih menunggu PLN memasang aliran listrik. Jika sudah terpasang maka kita mulai bisa pendistribusian," kata Direktur PDAM Tirta Karimun, Indra Santo, Kamis (16/2/2017).

Permasalahan air bersih di Karimun memang merupakan permasalahan klasik. Oleh karena itu pekerjaan rumah PDAM Tirta Karimun cukup berat. Namun Indra meyakini seluruh rumah di Karimun akan dapat menikmati air bersih apabila semua perencanaan dan program yang telah disusun dapat berjalan dengan lancar.

Indra mengatakan PDAM Tirta Karimun mulai membenahi sarana dan prasarana secara bertahap. Mulai dari penyediaan sumber air, pemasangan jaringan, pemasangan SR ataupun perencanaan lokasi penampung air sebelum disalurkan ke masyarakat.

Untuk sumber air, Dinas PU tengah melakukan interkoneksi antar dua waduk di Bati. Sementara lokasi penampungan air direncanankan di bangun di wilayah Bukit Tembak, Kecamatan Meral.

"Saat ini kita juga tengah mengembangkan SR untuk pelanggan baru di Kecamatan Karimun. Kemungkinan akhir Maret air bersih untuk Kecamatan Karimun sudah dapat disalurkan. Dengan debit air tiga waduk yang dipakai akan dapat mencukupi," tambahnya.

Di tahun 2017 ini, lanjut Indra, pihaknya sedang fokus menyelesaikan permasalahan di Pulau Karimun Besar. Apabila seluruh program berjalan dengan baik maka di tahun 2018, PDAM Tirta Karimun mulai membenahi air bersih di Pulau Kundur dan Moro.

"Kita sedang gerak cepat. Seluruh wilayah adalah prioritas kita," ungkapnya. (*) 

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help