MERINDING! Ternyata Ini Alasan Pemko Tanjungpinang Wajibkan Siswa Mengaji Setiap Pagi

Menurut Lis, program tersebut dilaksanakan berawal dari keperihatinannya saat melayat warga Kota Tanjungpinang yang meninggal.

MERINDING! Ternyata Ini Alasan Pemko Tanjungpinang Wajibkan Siswa Mengaji Setiap Pagi
Istimewa
Ilustrasi pelajar mengaji 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Pemerintah Kota Tanjungpinang mulai tahun 2016 lalu memberlakukan program wajib mengaji bagi siswa/siswi muslim di semua sekolah, di Kota Tanjungpinang.

Program tersebut dilaksanakan pada jam pertama sebelum siswa menerima materi pelajaran.

Apa yang mendorong Pemko melakukan program tersebut?

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah membeberkan alasan yang mendorong Pemko Tanjungpinang mewajibkan program mengaji itu.

Menurut Lis, program tersebut dilaksanakan berawal dari keperihatinannya saat melayat warga Kota Tanjungpinang yang meninggal.

Saat jenazah disemayamkan, tak satupun anak almarhum membacakan Alquran. Kenapa?

"Karena mereka tak pandai mengaji," kata Lis saat menghadiri Khataman Alquran siwa SDN 014 Bukit Bestari. Sabtu, (18/02/17).

Mulai saat itulah, menurutnya, ia dan wakilnya Syahrul, mewajibkan siswa siswi mengaji di sekolah.

Agar kelak, saat lulus, para siswa tak hanya pandai membaca buku saja namun juga pandai membaca Alquran.

Pada kesempatan itu, Lis juga memberikan semangat kepada siswa/siswi untuk selalu menjadikan Al Qur'an sebagai sumber pegangan hidup.

Alquran selain dibaca, juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan, dengan program itu akan lahir generasi yang Qurani.

Pelaksanaan khatam Alquran ini merupakan kegiatan perdana di SDN 013 Bukit Bestari. Kegiatan ini 66 orang siswa siswi dari kelas III sampai VI. Jumlah seluruh siswa siswa di sekolah tersebut sendiri mencapai 658 orang.

Prosesi khataman Alquran diawali dengan pawai. Para siswa berjalan dari Masjid Al-Muttahidin Perumnas Sungai Jang menuju ke halaman SD N 014 Bukit Bestari tempat berlangsungnya acara khataman.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ Dadang, AG, menyampaikan bahwa pelaksaan pada hari ini merupakan kegiatan rutin setiap sekolah.

Dinas Pendidikan selalu mendukung setiap kegiatan positif yang dilaksanakan sekolah yang ada di Kota Tanjungpinang.

Penulis: M Ikhwan
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved