Terbongkar! Rusia Dituding Dalangi Rencana Pembunuhan PM Montenegro. Ini Skenario Kudetanya!

Rusia dituding dalangi upaya kudeta dan pembunuhan PM Montenegro. Benarkah rencana ini untuk menjegal langkah Montenegro bergabung NATO?

Terbongkar! Rusia Dituding Dalangi Rencana Pembunuhan PM Montenegro. Ini Skenario Kudetanya!
Kompas.com/Telegraph
PM Montenegro Milo Djukanovic 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, ODGORICA-Pemerintah Rusia dituding mendalangi upaya pembunuhan PM Montenegro dan menggulingkan pemerintahan negeri itu.

Sumber di kementerian pertahanan Inggris menyebutkan, kudeta yang direncanakan tepat di hari pemilihan umum digelar itu dilakukan untuk mencegah rencana Montenegro bergabung dengan NATO.

Rencananya, sekelompok orang bersenjata akan menyerang parlemen dan membunuh para pemimpin pro-Barat negeri itu.

Rencana itu digagalkan hanya beberapa jam menjelang pelaksanaannya, tetapi tetap saja menjerumuskan negeri kecil itu ke dalam kekisruhan sehari sebelum menjadi anggota NATO ke-29.

Interpol kini memburu dua warga Rusia yang diyakini adalah para agen intelijen yang menyusun rencana kudeta itu.

Kedua orang itu diduga kuat sudah berbulan-bulan menyiapkan rencana, merekrut, dan mempersenjatai sekelompok nasionalis Serbia.

Mereka ini nantinya akan menyamar menjadi polisi, menyerang parlemen, dan membunuh PM Montenegro Milo Djukanovic.

Kremlin tentu saja membantah keterlibatannya dalam masalah ini. Kelompok pro-Rusia di Montenegro juga menyebut kabar kudeta itu adalah sebuah kabar palsu.

Namun, pemerintah Montenegro sudah meminta bantuan dari badan intelijen AS dan Inggris untuk membantu mengungkap konspirasi ini berdasarkan bukti-bukti yang sudah dikumpulkan.

Berbagai bukti itu termasuk pembicaraan telepon yang dienkripsi, pertukara surel, dan pengakuan sejumlah tersangka pelaku yang menjadi informan polisi.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help