Pelajar 13 SMP di Pinang Terpaksa Numpang Ujian di SMA-SMK. Bagaimana Ini Pak Wali?

Sebanyak 13 SMP di Tanjungpinang laksanakan UNBK menumpang di SMA dan SMK. Ini curhat Kepala Disdik, Bagaimana Pak Wali?

Pelajar 13 SMP di Pinang Terpaksa Numpang Ujian di SMA-SMK. Bagaimana Ini Pak Wali?
Tribun Batam/M Ikhwan
Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah (tengah) didampingi Kadisdik Tanjungpinang Dadang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Sebanyak 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tanjungpinang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun karena keterbatasan sarana pendukung seperti komputer, maka sebagain sekolah tersebut terpaksa menumpang ujian di SMA dan SMK terdekat.

Demikian disampikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang HZ Dadang AG. Menurutnya 13 sekolah yang akan mengikuti UNBK yakni SMP Negeri 1, 2, 3, 4 5, 6, 7, 8, SMP Katolik, SMP Djwita, SMP Pelita Nusantara, SMP IT Almadinah dan SMP Maitreyawira.

Dari sekolah tersebut, sekolah yang sudah bisa melaksanakan UNBK di sekolah sendiri yakni SMP Negeri 1, dan empat SMP swasta yakni SMP Djwita, SMP Pelnusa, SMP IT Almadinah dan SMP Maitreyawira.

Sedangkan selebihnya yakni SMP Negeri 2 sampai 8 akan menumpang ujian di SMA dan SMK. Pasalnya sekolah-sekolah tersebut belum memiliki fasilitas yang memadai untuk dilaksanakannya UNBK di sekolah sendiri. Seperti tidak tersedianya komputer.

Dadang kemudian menjelaskan, untuk SMP Negeri 2 akan mengikuti ujian di SMK Negeri 3, SMP 3 akan ujian di SMA 3, SMP 4 di SMA 2, SMP 5 di SMA 1, SMP 6 di SMA 4, SMP 7 di SMK 1 dan SMP 8 di SMK 2.

"Ini dilakukan karena sarana dan prasarananya belum lengkap. Jadi harus numpang di SMA/SMK dulu. Tapi tak masalah, siswanya siap dan mereka sejak saat ini sudah beberapa kali mengikuti latihan di sekolah tempatnya ujian. Jadi supaya adaptasi," katanya, Senin (20/4).

Dia menambahkan, hal tersebut juga sesuai dengan kebijakan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, pihaknya hanya melaksanakan kebijakan tersebut. (*)

Berita Terkait Baca Harian Tribun Batam Edisi Selasa (21/2/2017)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved