32 Ribu Warga Batam Terima Bantuan Pangan. Ini Nominal dan Nama Agen Tempat Mengambilnya

Agen-agen yang ditunjuk oleh BRI serta rumah pangan kita (RPK) yang menjadi tempat pencairan bantuan tersebut pun cukup banyak tersebar di Batam.

32 Ribu Warga Batam Terima Bantuan Pangan. Ini Nominal dan Nama Agen Tempat Mengambilnya
Tribun Batam/Argianto
Kepala Bank Indonesia Gusti Raizal Eka 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tahun ini, berdasarkan data Kementerian Sosial, sekitar 32 ribu warga Batam akan menerima bantuan pangan non tunai dari pemerintah. Dan bantuan tersebut bisa dicairkan lewat agen BRI Link.

Kepala BI Kpw Kepri, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, dengan kerjasama ini penyaluran bantuan lebih cepat, efektif, dan efisien.

"Kerjasama ini baru tahap awal. Nanti mereka penerima bantuan akan diberi kartu merah putih, yang di dalamnya sudah ada jatah bantuannya. Itu nilainya Rp 110 ribu sebulan. Uang di dalam kartu tersebut hanya bisa dibelikan paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras dan 2 kg gula per bulannya. Nanti kartu tinggal dibawa ke agen-agen yang ditunjuk dan sudah diverifikasi oleh BRI," tuturnya.

Memang untuk kerjasama ini, khusus daerah di luar pulau Jawa, perbankan yang ditunjuk adalah BRI.‎ Agen-agen yang ditunjuk oleh BRI serta rumah pangan kita (RPK) yang menjadi tempat pencairan bantuan tersebut pun cukup banyak tersebar di Batam.

"Sekarang ada sekitar 247 agen pangan, satu kelurahan bisa ada satu RPK. Gerakan ini juga terkait dengan pengendalian inflasi yang kita lakukan, yaitu dengan memperlancar distribusi ke masyarakat pra sejahtera. Bagaimana mereka mendapat kebutuhan pokok dengan harga wajar, karena yang ditunjuk sebagai agen ini menjual sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah," tuturnya.

Untuk harga beras yang disalurkan yakni Rp 8.500 per kilogram dan harga gula sebesar Rp 12.500 per kilogram.

"Kalau ditotal Rp 110 ribu. Jadi itu pas, tidak ada dipotong-potong," ujarnya.

‎Sementara itu, Kacab BRI Batam Centre, Anis Abdul Hakim, mengatakan BRI sendiri sudah memiliki kerjasama dengan agen-agen pangan. Mereka yang bekerjasama dengan BRI dapat memberikan pelayanan perbankan lewat program BRI Link.

"Kita sudah punya agen BRI Link. Ada 194 agen di Batam. Banyak transaksi yang bisa dilakukan di agen BRI link, seperti setor tunai, bayar listrik, bayar telepon, bayar cicilan, beli pulsa, transfer antar bank, dan sekarang ditambah ini. Penyaluran BPNT ini menu tambahan saja," tutur Anis Abdul Hakim.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved