CANGGIH! Tinggal Tekan Tombol, Alat Ini Bisa Menerjemahkan Banyak Bahasa

Berbeda dengan alat penerjemah lain yang biasanya berupa headset, Ili berbentuk seperti flash disk (fd).

CANGGIH! Tinggal Tekan Tombol, Alat Ini Bisa Menerjemahkan Banyak Bahasa
INTISARI
Alat penerjemah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Pernah melakukan travelling tapi tidak mengerti bahasa negara tersebut?

Mungkin inilah masalah utama setiap wisatawan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan Jepang membuat sebuah alat penerjemah yang diberi nama Ili.

Berbeda dengan alat penerjemah lain yang biasanya berupa headset, Ili berbentuk seperti flash disk (fd). Menariknya, Ili secara otomatis bisa menerjemahkan kalimat secara real time.

Sebagai contoh, kita tinggal merekam ucapan lawan bicara kita dengan menekan tombol. Beberapa waktu kemudian, alat akan memproses suara yang masuk dan menerjemahkannya ke bahasa yang diinginkan. Jadi, kita tidak perlu menunggu lama.

Ili bisa menerjemahkan hingga 50 ribu kata dan frasa. Semua ini dilakukan tanpa WiFi atau paket data. Sehingga alat ini bisa digunakan di mana saja bahkan di padang gurun sekalipun.

Secara resmi, Ili akan dirilis pada Juni 2017 di Amerika Serikat nanti. Sekarang, ihanya bekerja dalam bahasa Inggris, Jepang, dan China. Namun ke depannya, diharapkan Ili sudah bisa menguasai bahasa asing lainnya.

Sebelumnya alat penerjemah ini telah mengikuti serangkaian uji coba pada tahun lalu di Jepang dan Hongkong. Dan hasilnya Ili lalui tanpa masalah. Oleh karena itu, kehadiran alat penerjemah langsung ini sangat disambut oleh masyarakat luas khususnya para wisatawan.

Menarik bukan? Tidak ada salahnya memiliki satu buah Ili dan kita bisa berwisata ke mana pun tanpa memikirkan bahasa negara tersebut. (*)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved