Tak Perlu Antre, Raskin Disalurkan Lewat Agen BRI Link

Penerima raskin dari pemerintah kini tidak perlu lagi mengantre di kecamatan atau kelurahan untuk mencairkan bantuannya

Tak Perlu Antre, Raskin Disalurkan Lewat Agen BRI Link
Tribun Batam/Argianto
Kepala Bank Indonesia Gusti Raizal Eka 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Penerima raskin dari pemerintah kini tidak perlu lagi mengantre di kecamatan atau kelurahan untuk mencairkan bantuannya.

Pasalnya, saat ini kementerian sosial, bekerjasama dengan Bulog dan pemerintah daerah menyalurkan bantuan pangan non tunai tersebut melalui agen-agen BRI Link.

Soft launching penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) itupun dilaksanakan serentak di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Batam, Kamis (23/2/2017) pagi.

Untuk di Batam, soft launching dilaksanakan di Perumahan Cendana, yang dihadiri oleh Kepala Bank Indonesia Kpw Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Bulog Batam, Jamaludin, dan Kepala Cabang bank BRI‎.

Menurut Kepala BI Kpw Kepri, Gusti Raizal Eka Putra kampanye gerakan non tunai sudah pernah dilakukan oleh BI sejak beberapa tahun belakangan ini.

Semua transaksi tunai, dialihkan ke non tunai, termasuk penyaluran bantuan ini.

"Ini untuk meningkatkan efisiensi pemberian bantuan, dan nilainya sudah disesuai‎kan dengan barang pangan yang diberikan. Kalau dulu mungkin awalnya penyalurannya secara tunai, uangnya bisa tercecer di mana-mana, sekarang sudah jelas dibelanjakannya," tutur Gusti Raizal Eka Putra.

Bantuan pangan non tunai tersebut nilainya adalah Rp 110 ribu sebulan. Nilai di dalam kartu tersebut hanya bisa dibelikan paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras dan 2 kg gula per bulannya.

"Nanti kartu tinggal dibawa ke agen-agen yang ditunjuk dan sudah diverifikasi oleh BRI," katanya. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved