Kakak Pemimpin Korut Dibunuh di Malaysia

Gas VX Termasuk Senjata Pemusnah Massal. Ini Bahayanya Jika Terkena Tubuh

Misteri racun yang menewaskan Kim Jong Nam akhirnya terkuak setelah Malaysia menyimpulkan ada jejak gas syaraf sangat berbahaya, VX.

Gas VX Termasuk Senjata Pemusnah Massal. Ini Bahayanya Jika Terkena Tubuh
Kompas.com/JUNG Yeon-Je / AFP
Kim Jong Nam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Polisi Malaysia telah menyingkapkan misteri penyebab kematian Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang diserang di Bandara Internasional Kuala Lumpur Senin pekan lalu.

Ternyata, setelah analisis kimia terhadap jenazah korban, khususnya area wajahnya, Malaysia menyimpulkan ada jejak gas syaraf sangat berbahaya, VX, yang oleh PBB digolongkan sebagai senjata pemusnah massal.

Berikut beberapa hal menyangkut VX seperti ditulis harian Inggris, The Guardian.

Apa itu VX?

VX adalah gas syaraf sangat mematikan yang pernah diciptakan manusia. Hanya dengan satu tetesan ke kulit sudah cukup memberikan gangguan fatal pada sistem syaraf, kata Council on Foreign Relations.

Gas sangat beracun ini 100 kali lebih mematikan ketimbang gas syaraf sarin yang digunakan sekte pemuja kiamat di Jepang dalam melakukan serangan mematikan mereka pada 1995 di subway Tokyo.

VX sulit dilacak. Ini cairan bening, tak berasa dan tak berwarna dengan konsistensi setara dengan oli.
Karena sangat mematikan VX pun diklasifikasikan oleh PBB sebagai senjata pemusnah massal. CDC, badan kesehatan publik AS, mengatakan gas syaraf ini hanya digunakan dalam perang kimia.

Nama lengkapnya adalah "S-2 Diisoprophylaminoethyl methylphosphonothiolate".

Dari mana asalnya?

VX pertama kali disintesa pada awal sampai pertengahan 1950-an oleh Ranaji Ghosh, ahli kimia yang bekerja untuk Imperial Chemical Industries di Inggris.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved