Takut Pohon Tumbang saat Hujan Angin, PLN Padamkan Listrik di Bintan. Warga Curhat Gelap-gelapan!

Takut pohon tumbang saat hujan, PLN padamkan aliran listrik. Warga di Bintan terpaksa gelap-gelapan siapkan urusan dapur!

Takut Pohon Tumbang saat Hujan Angin, PLN Padamkan Listrik di Bintan. Warga Curhat Gelap-gelapan!
tribunbatam/aminnudin
Dua pengendara sepeda motor hujan-hujanan saat melintas di Toapaya, seorang memakai payung, Jumat (24/2/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Hujan disertai angin kencang melanda Bintan sejak Jumat (24/2/2017) pagi. Pantauan di lapangan, hujan menguyur sejumlah wilayah mulai pukul 08.00 namun masih dalam skala kecil. Nanti pada pukul 11.00 hujan mulai deras disertai angin kencang.

laporan Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang yang diteruskan oleh Pusat Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepri, wilayah Bintan berdasarkan pantauan citra radar dan satelit pukul 11.30 wib, terjadi hujan hujan dengan intensitas beragam disertai angin kencang. Wilayah yang terpantau hujan diantaranya Tanjunguban dan sekitarnya.

"Hujan meluas ke wilayah Wacopek, ke Kijang, Kecamatan Bintan Timur, hingga Kecatan Toapaya dan sekitarnya,"kata Zahwa Alya, staf pusat informasi BPBD Provinsi Kepri.

Di Toapaya, dua jam hujan mengguyur, sejumlah genangan muncul di sejumlah titik, di antaranya di Km 16 namun masih dalam skala sedang. Area yang paling tergenang simpang lalu lintas dan gerbang tapal batas Bintan-Tanjungpinang Km 16. Genangan juga muncul di sejumlah titik di wilayah Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Pukul 11.45 berdasarkan pantauan, hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Bintan diikuti padamnya listrik PLN. "Baru mau masak eh listrik sudah padam. Sudah saya tebak memang, pasti listrik bakal mati. Karena selalu begitu, ada hujan listrik selalu mati,"kata Aulia, warga Toapaya Selatan.

Soal padamnya listrik setiap kali hujan, begini setidaknya penjelasan pihak PLN Tanjungpinang. Ada beberapa penyebab mengapa demikian. Diantaranya adanya pohon tumbang yang menganggu salah satu jaringan kabel PLN. "Karena kita ini kan sistem listrik kita masih jaringan kabel terbuka. Jadi saat hujan biasanya rawan gangguan seperti terjadinya pohon tumbang yang mengakibatkan salah jaringan kita terputus,"kata Ansor. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help