Kakak Pemimpin Korut Dibunuh di Malaysia

Malaysia Akan Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Untuk Diplomat Korea Utara Jika Tak Kooperatif

Hyon Kwang Song (44) , Sekretaris kedua di Kedutaan besar Korea Utara di Kuala Lumpur, akan dimintai keterangan atas kematian Kim Jong Nam

Malaysia Akan Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Untuk Diplomat Korea Utara Jika Tak Kooperatif
Berita Harian
Puluhan wartawan dari berbagai negara berkumpul di depan Kedubes Korea Utara di Kualalumpur, Rabu (22/2/2017) 

Laporan Srihandriatmo Malau

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KUALALUMPUR - Malaysia akan mengeluarkan sebuah surat perintah penangkapan untuk seorang diplomat Korea Utara, Sabtu (25/2/2017).

Tujuan polisi Malaysia mengeluarkan surat penangkapan tersebut jika diplomat tersebut tidak mau bekerja sama dengan polisi Malaysia dalam mengusut kasus pembunuhan Kim Jong Nam.

Awal pekan ini, Malaysia menyatakan Hyon Kwang Song (44) , Sekretaris kedua di Kedutaan besar Korea Utara di Kuala Lumpur, akan dimintai keterangan atas kematian saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Masuk akal, waktu masih akan diberikan untuk diplomat datang sendiri sebelum polisi bertindak lebih lanjut," kata Kepala kepolisian negara bagian Selangor Abdul Samah Mat seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA).

Menurut Samah, jika yang bersangkutan tidak mau bekerja sama, maka polisi akan mengeluarkan pemberitahuan di bawah undang-undang Malaysia, agar ia hadir memenuhi undangan Polisi.
Baca: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Bakal Gelar Temu Masyarakat di Sydney

"Namun jika itu gagal atau tidak juga muncul setelah dikeluarkan pemberitahuan ini, maka kita akan tingkatkan ke langkah berikutnya dengan mendapatkan sebuah surat perintah penangkapan dari pengadilan," katanya kepada wartawan.

Delapan warga Korea Utara dicari sehubungan dengan kasus pembunuhan Kim Jong Nam, termasuk diplomat.

Empat pria Korea Utara yang diduga otak pembunuhan Kim Jong-nam saat ini mernjadi buron polisi Malaysia. Satu orang (nertopi putih) adalah Ri Jong Chol, sudah tertangkap Jumat malam.
Empat pria Korea Utara yang diduga otak pembunuhan Kim Jong-nam saat ini mernjadi buron polisi Malaysia. Satu orang (nertopi putih) adalah Ri Jong Chol, sudah tertangkap Jumat malam. (New Straits Times)

Satu telah ditahan polisi Malaysia, empat diyakini telah melarikan diri ke Korea Utara, sementara dua lagi masih di Malaysia.

Kepolisian Malaysia juga telah mengumumkan hasil otopsi bahwa kandungan racun yang biasa ada dalam senjata kimia paling mematikan ditemukan di wajah Kim Jong Nam.

Kim Jong Nam adalah warga Korea Utara yang dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Senin pekan lalu.

Menurut penjelasan pihak kepolisian, di wajah dan mata kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong Un itu ditemukan jejak racun VX.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help