Pulang dengan Cara Menyelundup, Lanal Karimun Amankan Tujuh TKI dari Malaysia

Lanal Tanjungbalai Karimun mengamankan tujuh TKI dari Malaysia sekitar perairan Leho, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (22/2/2017)

Pulang dengan Cara Menyelundup, Lanal Karimun Amankan Tujuh TKI dari Malaysia
tribunbatam/rachta yahya
Danlanal Karimun Letkol Totok Irianto 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Lanal Tanjungbalai Karimun mengamankan tujuh TKI dari Malaysia sekitar perairan Leho, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (22/2/2017) lalu.

Mereka pulang dengan cara menyelundup alias tidak resmi dengan menyewa sebuah boat pancung. Mereka diantaranya lima pria dan dua wanita dewasa. Diantara lima pria, dua ternyata diketahui masih anak-anak dan remaja.

"Iya, beberapa hari lalu. Mereka mau pulang ke Indonesia dari Malaysia tapi dengan tidak resmi melainkan dengan cara menyelundup," kata Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Totok Irianto saat menghadiri peresmian Green SPAM IKK Tebing dan IKK Meral di Desa Pongkar, Senin (27/2/2017).

Sebenarnya kata Totok, ketujuh TKI tersebut memiliki dokumen seperti paspor tapi masa izin tinggal di Malaysia sudah habis sehingga mereka takut pulang melalui pintu resmi.

"Mereka keluarnya melalui jalur tikus di Johor Bahru dan kami amankan di sekitar perairan Leho, Kecamatan Tebing," terang Totok.

Ketujuh TKI tersebut saat ini sudah dilimpahkan Lanal Karimun ke pihak Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun. Sementara seorang tekong pompong masih ditahan di Mako Lanal Karimun.

"Untuk tekongnya segera kami limpahkan ke kepolisian untuk proses selanjutnya," kata pejabat yang baru beberapa bulan di Karimun itu.

Agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa akan datang, Totok minta peran aktif masyarakat untuk menginformasikan hal-hal yang mencurigakan di sekitar perairan khususnya Karimun.

"Kami saat ini tengah memetakan jalur-jalur mana saja di pulau Karimun ini yang digunakan untuk keluar-masuk secara ilegal," ujar Totok.

Totok juga mengatakan tidak menemukan barang-barang ilegal seperti narkoba beserta tujuh TKI tersebut.

"Bahkan tes urine kami lakukan, hasilnya negatif," terangnya. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help