Anak Susah Makan Sayur? Coba Lakukan Trik Ini

Orangtua seringkali mengalami kesulitan memperkenalkan aneka buah dan sayur pada anak. Anak pun cenderung pilih-pilih, hanya pada beberapa jenis saja

Anak Susah Makan Sayur? Coba Lakukan Trik Ini
kompas.com
Sayur Bayam ternyata tidak boleh dipanaskan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Sayur dan  buah memang sumber makanan yang kaya serat, vitamin dan mineral.

Tapi orangtua seringkali mengalami kesulitan memperkenalkan aneka buah dan sayur pada anak. Anak pun cenderung pilih-pilih, hanya pada beberapa jenis sayur atau buah saja.

Itu saja masih bagus! Karena ada banyak anak yang bahkan tidak menyukai sayur dan buah sama sekali.

Bagaimana menyiasati agar si kecil menyukai beragam sayur dan buah?

Kenalkan aneka sayur dan buah

Indonesia termasuk negara tropis yang menghasilkan beragam jenis sayur dan buah. Tugas orang tua memperkenalkan pada anak dengan menyajikan beragam jenis sayur dan buah dalam menu harian di rumah. Selain itu beritahu anak bahwa setiap sayur dan buah memberikan manfaat gizi yang berbeda-beda.

Perkenalkan dalam porsi kecil

Berikan dalam porsi yang kecil apabila ingin memperkenalkan jenis sayur dan buah yang baru. Biarkan anak mencicipi secara utuh setiap jenis sayur atau buah, jangan dicampur dengan jenis makanan lain. Ini dimaksudkan untuk memperkaya cita rasa anak terhadap makanan yang baru dicicipinya.

Sajikan dalam bentuk makanan yang disukai

Menyelipkan potongan sayur dalam makanan yang ia sukai, merupakan salah satu trik menyajikan buah dan sayur bagi si kecil. Misalnya, selipkan sayuran dalam bakso buatan sendiri, shrimp roll, egg roll¸ nugget, pizza, atau spageti. Buah juga bisa diberikan dalam bentuk es krim.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help