Bahas Dua Sektor Unggulan, Tim Lintas Kementerian ke Anambas. Ini Agenda Mereka di Anambas!

Tim lintas kementerian ke Anambas. Mereka bahas dua sektor unggulan Anambas. Ini agenda mereka selama di Anambas!

Bahas Dua Sektor Unggulan, Tim Lintas Kementerian ke Anambas. Ini Agenda Mereka di Anambas!
Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi. Kawasan wisata di Pulau Bawah Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Tim dari lintas kementrian di Pemerintah Pusat akan kembali datang ke Anambas. Dibawah Kemenkomaritim, pertemuan yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) itu, akan fokus pada pembangunan infrastruktur perikanan dan pariwisata di Anambas.

"Bila tidak ada halangan tanggal 4 dan tanggal 5 Maret besok. Fokusnya pembangunan dua sektor itu. Karena, dua sektor tersebut yang menjadi sektor unggulan di Anambas," ujar Asisten Administrasi dan Pembangunan Setdakab Anambas, Masykur Selasa (28/2/2017).

‎Ditemui di ruangannya, selain Deputi bidang kemaritiman, sejumlah perwakilan lintas kementrian dan badan seperti Kepala badan pengembangan infrastruktur wilayah Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dirjen Bina Marga PUPR, dan Deputi pengembangan destinasi pariwisata dijadwalkan hadir dalam FGD tersebut.

Tidak hanya itu, Deputi menteri PPN Bappenas, Dirjen perikanan budidaya, Dirjen perikanan tangkap, serta perwakilan Direktorat Jenderal dari Kemenhub mulai dari Dirjen perhubungan laut (hubla), Dirjen perhubungan udara (hubud), termasuk badan pengelola perbatasan juga direncanakan hadir dalam FGD itu.

"Dalam undangan yang masuk ke kami, Dirjen pembangunan daerah dari Kemendagri, Deputi bidang teknologi pengembangan sumber daya alam, Deputi bidang teknologi industri rancang bangun dan rekayasa BPPT, serta sekretaris Deputi bidang koordinasi infrastruktur, ‎dijadwalkan juga hadir dalam Focus Group Discussion nanti," ungkapnya.

‎Pemerintah Daerah pun, diakui Masykur tengah mempersiapkan usulan termasuk materi presentasi yang nantinya akan disampaikan dalam FGD itu. Ia pun berharap, FGD tersebut dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan daerah.

"Dalam pertemuan tersebut nantinya dipaparkan apa kebutuhan kita. Anambas menyampaikan hal-hal pokok di beragai bidang. Saat ini hal tersebut sedang dipersiapkan di Bappeda," bebernya seraya mengatakan bahwa FGD tersebut mengalami perubahan jadwal dari bulan Februari ke bulan Maret karena cuaca yang kurang kondusif sehingga berdampak pada transportasi di Anambas.

‎Kunjungan tim lintas kementrian sebelumnya juga pernah dilakukan sekitar tahun 2015 kemarin. Fokus pada pengembangan potensi unggulan di Anambas menjadi hal prioritas yang dilakukan saat kunjungan tim tersebut. Pengembangan pada sektor unggulan ini pun, sebelumnya juga sempat disampaikan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Memiliki kekayaan alam yang berlimpah, ‎Haris pun berkeinginan untuk mengembangkan dua potensi tersebut. "Saya rasa akan sangat naif kalau potensi tersebut tidak dikembangkan serta membawa dampak positif pada pembangunan daerah, terlebih dalam masa kemepimpinan saya," ungkapnya. (*) 

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help