Lepaskan Tukik Ribuan Ekor, Anambas Target Pecahkan Rekor MURI. Ini Persiapan Festivalnya

Targetkan pemecahan rekor MURI, Pemkab Anambas berencana lepaskan ribuan tukik saat festival di bulan Mei mendatang. Ini persiapannya!

Lepaskan Tukik Ribuan Ekor, Anambas Target Pecahkan Rekor MURI. Ini Persiapan Festivalnya
Tribun Batam/ Istimewa
Tukik

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Ribuan tukik atau anak penyu akan dilepas secara simbolis di Pantai Padang Melang, Pulau Jemaja.

Pelepasan secara simbolis itu pun, diakui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas, Iwan K. Roni, dilakukan saat festival Padang Melang yang rencananya akan dilakukan pada pertengahan bulan Mei 2017.

"Sesuai rencana, ada lima ribu ekor tukik yang nantinya akan dilepas secara simbolis di pantai. Pelepasa tukik ini, ditargetkan juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)," ujarnya Selasa (28/2/2017).

Tidak hanya pelepasan tukik, festival yang nantinya dicanangkan menjadi salahsatu even tahunan di Anambas ini, juga dimeriahkan dengan seribu orang yang memamerkan tarian Gobang, lengkap dengan topeng khas Gobang.

Festival yang diadakan pun, selain untuk membuka peluang investasi di Anambas, juga dilakukan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal yang ada di Anambas.

"Festival dilakukan selama tiga hari terhitung sejak tanggal 11 Mei 2017. Kegiatan ini pun, rencananya akan disejalankan dengan launching resort di Pulau Bawah. Waktu pelaksanaan festival ini pun, diharapkan dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara di Anambas," bebernya.

Rencana untuk pelepasan tukik di pantai Padang Melang pun, sebelumnya sempat disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Amat Yani. Untuk merealisasikan hal ini, pihaknya bahkan berkoordinasi dengan Jaya Suprana, Pendiri Museum Rekor Indonesia di Jakarta.

"Ada keinginan agar pelepasan tukik ini, kiranya dapat tercatat dalam rekor MURI. Targetnya sebenarnya, agar bagaimana geliat pariwisata di Anambas dapat meningkat.

Nah, dalam koordinasi kami, Beliau sempat menyarankan agar kalau bisa mengangkat budaya lokal, dengan harapan agar lebih membuat tertarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, dipilih lah Gobang dalam festival tersebut," ujar politisi Partai Bulan Bintang (PBB) kepada Tribun belum lama ini.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help