Setelah 14 Tahun di Indonesia, Honda Capai Produksi Satu Juta Unit Mobil

Kegiatan produksi itu tak hanya memenuhi pasar domestik saja, tapi juga turut serta meningkatkan aktivitas eksport komponen ke pelbagai negara

Setelah 14 Tahun di Indonesia, Honda Capai Produksi Satu Juta Unit Mobil
INTISARI
Perayaan produksi satu juta unit mobil Honda 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak memulai produksi di Pabrik Karawang pada Februari 2013, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mencetak satu juta unit produksi di Indonesia.

Kegiatan produksi itu tak hanya memenuhi pasar domestik saja, tapi juga turut serta meningkatkan aktivitas eksport komponen ke pelbagai negara.

Sepanjang tahun 2016, jumlah ekspor PT HPM meningkat secara signikan, mencapai lebih dari 7.700 kontainer dibanding dengan tahun sebelumnya yang tecatat sekitar 5.600 kontainer.

"Pencapaian produksi ke satu juta unit menunjukkan tingginya penerimaam konsumen terhadap mobil Honda. Ke depannya kami akan terus menambah investasi di Pabrik ini untuk meningkatkan fasilitas dan sumber daya manusia," ujar President Director HPM Tomoki Uchida dalam seremoni “1 Million Production Ceremony of PT Honda Prospect Motor” di Pabrik Honda Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2/2017).

HPM memulai produksi pertama di Pabrik Karawang pada Februari 2013, di atas lahan seluas 512.500 meter persegi dan luas bangunan sebesar 80.324 meter persegi.

Pabrik pertama ini memiliki kapasitas 50 ribu unit per tahun dengan nilai investasi Rp 700 miliar. "Saat 2003, penjualan Honda di Indonesia sebanyak 21.650 unit," jelas dia

Namun, pada 2012 HPM mulai melebarkan sayapnya. Produsen otomotif itu mendirikan pabrik kedua dengan total luas bangunan sebesar 145.760 meter persegi dengan menelan investasi Rp3,1 triliun. Pabrik kedua ini diresmikan pada Januari 2014 dengan kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Republik Indonesia, menjelaskan bahwa pencapain yang diperoleh HPM merupakan bukti nyata komitmen untuk meningkatkan eksistensi Honda di Indonesia.

"Kapasitas 200.000 unit per tahun dengan enam model ini cukup langka karena tidak banyak industri yang bisa melakukan ini. Honda punya images yang kuat di Indonesia, kami harapkan dengan pencapain ini akan bisa ditingkatkan pada tahun ini seiring dengan perekonomian yang mulai bergerak," ucap Putu di kesempatan yang sama. (intisari)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved