Berdalih 3 Bulan Sosialisasi, Pelindo Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Internasional Pelabuhan SBP

Berdalih akan sosialisasi dulu tiga bulan, Pelindo Pinang tunda pemberlakuan tarif baru internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura. Ada apa?

Berdalih 3 Bulan Sosialisasi, Pelindo Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Internasional Pelabuhan SBP
TRIBUNBATAM/MAIRINANDARSON
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Kota Tanjungpinang kembali menunda penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura. Penundaan dilakukan selama tiga bulan. Selama tiga bulan itu Pelindo 1 akan melakukan sosialisasi.

Keputusan menunda kenaikan tarif tersebut diambil GM Pelindo I Cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan saat melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Selasa (28/2) sore kemarin.

Dia memutuskan untuk melakukan penundaan penyesuaian tarif hingga tiga bulan kedepan. Sehingga diperkirakan penyesuaian tarif baru akan diterapkan Bulan Juni mendatang.

Sebelumnya penyesuaian tarif pas pelabuhan Internasional SBP direncanakan 15 Februari, kemudian ditunda. Selanjutnya kembali akan diberlakukan 1 Maret 2017.

Keputusan penundaan hingga tiga bulan tersebut pun disambut baik oleh DPRD Kota Tanjungpinang. Seperti yang disampaikan Anggota Komisi II Reni.

"Kita apresiasi GM Pelindo 1 Kota Tanjungpinang menerima rekomendasi dari DPRD dan setuju untuk menunda kembali kenikan pas pelabuhan," katanya, Rabu (1/3/2017).

Dia menjelaskan, penundaan penyesuaian tarif selama tiga bulan tersebut harus digunakan Pelindo untuk melakukan sosialisasi kenaikan tarif tersebut. Itu sesuai dengan hasil konsultasi Komisi II DPRD Kota Tanjungpinang dengan Kementrian Perhubungan.

"Memang tarif pas kewenangan Direksi, tapi ada aturan yang mereka harus lakukan yakni sosialisasi kenaikan tarif minimal selama tiga bulan sesuai dengan Peraturan Menhub nomor 6 tahun 2013 dan nomor 15 tahun 2014," katanya.

Dengan sosialisasi yang dilakukan selama tiga bulan tersebut, dia berharap pelaku wisatasudah memperispakan dan bisa menyesuaikan.

Sementara itu, Pemko Tanjungpinang pada perinsipnya menerima dan mendukung rencana kenaikan pas pelabuhan tersebut. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono.

"Kalau untuk kebaikan, kita setuju aja. Karena memang sudah 10 tahun tidak naik. Pelindo 2013 dulu juga pernah mengajukan tidak setujui karena belum ada rencana pembangunan pelabuhan SBP. Sekarang sudah diperbuat. Sudah ada upaya peningkatan," katanya.

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indoensia 1 Cabang Kota Tanjungpinang akan melakukan penyesuaian tarif pas pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) pada 1 Maret 2017 mendatang. Hal ini sebagaimana tertera dalam surat edaran prihal Penyesuaian Tarif Pas Penumpang Terminal Sei Bintan Pura (SBP) nomor US.11/1/5/TPI-17.

Adapaun tarif pas masuk terminal Internasional dari sebelumnya Rp13.000 naik menjadi Rp50.000. Sedangkan untuk tarif Pelabuhan Domestik tetap yakni Rp5.000 sekali masuk. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved